Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Setelah Prancis, Inggris dan Spanyol, Kini Giliran Irlandia Akui Palestina

Setelah Prancis, Inggris dan Spanyol, Kini Giliran Irlandia Akui Palestina

Negara-negara di Eropa berbondong-bondong akui Palestina. (islammemo.cc)
Negara-negara di Eropa berbondong-bondong akui Palestina. (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Dublin. Parlemen Irlandia pada hari Rabu (10/12/2014) mengeluarkan keputusan tidak mengikat yang meminta pemerintah untuk mengakui kedaulatan negara Palestina.

Dengan demikian, parlemen Irlandia berada dalam satu barisan dengan parlemen Prancis, Inggris serta Spanyol yang sudah lebih dulu mendukung pengakuan terhadap negara Palestina. Langkah ini diambil berangkat dari bentuk kekecewaan negara-negara di Eropa terhadap sikap Israel yang selalu gagal dalam mewujdukan perdamaian dengan Palestina.

Keputusan tidak mengikat terhadap pemerintah Irlandia ini berisikan pengakuan secara resmi akan kedaulatan Palestina sesuai dengan kesepakatan 1967, yang menjadikan Al-Quds Timur sebagai ibukotnya. Kesepakatan ini sesuai dengan yang ditetapkan oleh PBB. Parlemen Irlandia berkesimpulan, cara ini merupakan pilihan yang terbaik untuk menjamin tercapainya solusi damai guna mengakhiri perseteruan Israel-Palestina.

Sebelumnya, pemerintah Swedia pada bulan Oktober kemarin, telah secara resmi mengakui kedaulatan negara Palestina. Negara ini menjadi negera Eropa Barat pertama dan negara kedelapan dari Uni Eropa yang mengakui kedaulatan negara Palestina.

Berdasarkan informasi dari Otoritas Palestina, saat ini tercatat sebanyak 135 negara di dunia telah mengakui kedaulatan negara Palestina. (msy/imo/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization