Topic
Home / Berita / Nasional / Sindir Ustadz Yusuf Mansur, Ulil: Dalam Islam, Tidak ada Larangan Mengucapkan Natal

Sindir Ustadz Yusuf Mansur, Ulil: Dalam Islam, Tidak ada Larangan Mengucapkan Natal

Tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL), Ulil Abshar Abdalla. (rimanews,com)
Tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL), Ulil Abshar Abdalla. (rimanews,com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL), Ulil Abshar Abdalla, mengomentari kicauan Ustadz Yusuf Mansur yang  mengajak kaum Muslim untuk tidak memberi ucapan selamat Natal. Bahkan Beliau juga meminta Presiden Jokowi untuk tidak menghadiri perayaan Natal.

Ulil rupanya tergelitik untuk ikut berkomentar. Bahkan, Ulil membantah pernyataan Ustadz Yusuf Mansur bahwa tidak ada larangan dalam Alquran dan hadis bagi umat Islam untuk mengucapkan Natal.

“Sekali lg tak ada larangan mengucapkan Selamat Natal di Quran atau hadis. Yg mengharamkannya, menurut saya, keliru,” katanya melalui akun Twitter, @ulil.

Ulil beralasan bahwa Islam adalah agama salam yang berarti damai. “Sudah selayaknya umat Islam menyelamati umat agama lain. Selamat berasal dari bahasa Arab: damai. :)” katanya.

Ulil melanjutkan, mengucapkan selamat Natal bukan berarti menyetujui doktrin agama Kristen. “Sama dengan umat Kristen yang mengucapkan selamat Idul Fitri bukan berarti langsung mengakui doktrin tauhid ala Islam,” ujar Ulil.

Menurut Ulil, tak ada paksaan untuk mengucapkan selamat Natal atau Idul Fitri. “Yang mau monggo, yang nggak juga ndak apa-apa. Tapi kalau mengharamkan, keliru.”

“Kalau umat lain mau mengucapkan selamat kepada umat Islam saat Hari Raya Islam, ya tentu baiknya umat Islam membalas kebaikan itu.”

Ulil menutup kultwittnya dengan keluhan bahwa sudah bukan waktunya lagi membicarakan hal seperti ini.

Bosen ngomongin soal perkara remeh kayak gini. Dari dulu kayak gini terus yg dipersoalkan. Ngga mutu! :)”

“Bangsa lain sudah kirim rover ke Mars, ini masih ribut urusan Selamat Natal, Sunni-Syiah. Help me, Goooood! #tepokjidat :)”  (sbb/dakwatuna)

 

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Fatwa MUI

Dianggap Membuat Kegaduhan, MUI Beri Penjelasan Terkait Fatwa Atribut Natal

Figure
Organization