Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Dai Saudi Berfollower Belasan Juta yang Ditahan Kini Bebas

Dai Saudi Berfollower Belasan Juta yang Ditahan Kini Bebas

Syaikh Muhammad Al-Arifi (slaati.com)
Syaikh Muhammad Al-Arifi (slaati.com)

dakwatuna.com – Riyadh. Pihak yang berwajib di Kerajaan Arab Saudi membebaskan Syaikh Muhammad Al-Arifi, dai asal Saudi yang terkenal di Arab dan dunia Islam. Hal itu diketahui dari status anak dan saudaranya, Senin (8/12/2014) kemarin.

Melalui akun twitter, Abdurrahman Muhammad Al-Arifi menulis, “Alhamdu lillah, kabar gembira, ayah kami yang tercinta sudah berada di rumah. Terima kasih, Ya Allah.”

Hal yang sama ditulis Sa’ad, saudara Al-Arifi, yang menuturkan, “Untuk semua yang bertanya… Iya, saudaraku Muhammad sudah keluar. Alhamdu lillah.”

Sejak tanggal 8 Oktober yang lalu, tersebar kabar bahwa Syaikh Al-Arifi, yang akun twitternya difollow oleh belasan juta orang itu, ditahan oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi. Penahanan itu disebutkan terjadi sepulangnya beliau dari melaksanakan ibadah haji. Lalu pada pada tanggal 28 Oktober, ulama lainnya, Syaikh Salman Audah, memastikan kebenaran kabar penangkapan rekannya tersebut.

Banyak spekulasi muncul terkait sebab penangkapan dan penahanan ulama dan dai yang terkenal di seluruh negara Arab itu. Ada yang mengatakan bahwa sebabnya adalah kritikan beliau yang ditulis di akun twitter tentang beberapa kekurangan pemerintah dalam melayani jamaah haji.

Ada juga yang mengatakan karena perbedaan pendapat Al-Arifi, yang dikatakan masuk dalam komisi penanggulangan ekstremisme Islam, dalam cara menanggapi banyaknya anak muda Saudi yang bergabung dengan organisasi jihad di Irak dan Suriah. (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

(

Berikan Klarifikasi, Dubes Arab Saudi Bantah Ada Larangan Haji Palestina

Figure
Organization