Topic
Home / Berita / Nasional / Bertemu SBY, Jokowi: Perppu Pilkada Pintu Masuk Demokrat Gabung ke KIH

Bertemu SBY, Jokowi: Perppu Pilkada Pintu Masuk Demokrat Gabung ke KIH

Pertemuan Jokowi dengan SBY.  (liputan6.com)
Pertemuan Jokowi dengan SBY. (liputan6.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, presiden Presiden Joko Widodo memberikan keterangan apa saja yang dibicarakan dalam pertemuan yang berlangsung di Istana Merdeka Jakarta, Senin (8/12/14) tersebut.

Jokowi mengatakan, pertemuan ini membahas soal Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah. Baik Jokowi maupun SBY memiliki komitmen mengawal Perppu yang diterbitkan SBY ketika masih menjabat sebagai presiden itu agar disahkan di DPR.

“Masih ada waktu sampai Januari, tentu saja ini sesuai dengan harapan rakyat agar pemilihan dilaksanakan dengan langsung,” kata Jokowi usai bertemu dengan SBY.

Jokowi mengatakan kerjasama Koalisi Indonesia Hebat dengan Partai Demokrat akan ditentukan pada bulan Januari 2014 pada saat Perppu itu mulai dibahas di DPR.

“Nanti lihat Januari,” kata dia.

Namun, Jokowi mengakui bahwa Perppu Pilkada ini adalah awal dari bergabungnya Partai Demokrat menjadi partai pendukung pemerintah. “Dalam waktu dekat ini (kerjasamanya) Perppu dulu, kalau diteruskan ya bisa saja. Paling tidak menjadi pintu masuk,” ujarnya.

Namun, Jokowi enggan mengatakan kesepakatan apa yang telah dibuat dengan SBY untuk melakukan kerjasama ini. “Komitmen hanya saya dan Pak SBY yang tahu,” kata Jokowi.

Lalu apa bentuk komitmen SBY untuk mendukung KIH dalam pembahasan Perppu ini?

“Bentuk komitmen apa? Masa pakai MOU. Apa yang beliau sampaikan itu saya yakini akan nanti dilaksanakan dalam memberikan dukungan pada Perppu,” ujar Jokowi.

Rupanya kedatangan SBY ke Istana bukan hanya sekedar mengantarkan undangan GGGI, namun juga ada agenda politik yang dibicarakan dengan Presiden yang diusung oleh KIH tersebut.  (viva/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Aa Gym Merasa Sedih Melihat Kondisi Indonesia Sekarang

Figure
Organization