Topic
Home / Narasi Islam / Life Skill / Cara Ampuh Meredakan Amarah

Cara Ampuh Meredakan Amarah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
ilustrasi (inet)
ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Kita sebagai manusia hidup dengan berbagai macam emosi. Baik itu emosi positif maupun negatif. Emosi positif harus tetap kita jaga dan pelihara. Tetapi, emosi negatif sebaiknya kita buang jauh-jauh dari kehidupan ini.

Marah adalah salah satu bentuk emosi negatif. Setiap orang pasti pernah marah, entah itu marah kepada dirinya sendiri atau bahkan marah kepada orang lain. Tetapi tahukah kita bahwa marah adalah salah satu sikap yang sangat dibenci oleh Allah SWT dan juga rasulullah.

Pernah suatu ketika, sahabat bertanya kepada rasul yang juga terdapat dalam hadist
“Ya Rasulullah saw, amal apa yang paling utama?” Maka beliau menjawab: “Jangan marah!” Jawaban itu beliau ulangi sampai tiga kali. Di dalam hadist ini. Jelas terlihat bahwa marah sangat dibenci oleh rasulullah. Untuk itu sebagai umat muslim yang taat jauhilah sikap amarah.

Mungkin banyak dari kita yang tidak tahu bagaimana cara meredakan amarah. Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk melakukannya. Tetapi cara yang paling mudah dan sederhana ialah dengan cara ‘berwudhu’.

Mengapa berwudhu? Pertanyaan seperti itu mungkin sekarang ada di dalam benak kalian. Marah adalah perbuatan setan dan setan diciptakan oleh Allah SWT dari api. Oleh karena itu untuk dapat memadamkan api tersebut kita membutuhkan air. Air dapat memadamkan api dengan cepat maka itu segeralah kalian berwudhu. Seperti sabda rasulullah:

إِنَّ الْغَضَبَ مِنَ الشَّيْطَانِ، وَ إِنَّ الشَّيْطَانِ خُلِقَ مِنَ النَّارِ، وَ إِنَّمَا تُطْفِأُ النَّارُ بِالْمَاءِ، فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ. رواه أبو داود.

“Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan itu diciptakan dari api, hanya dengan air api itu akan padam, karena itu, jika seseorang di antara kamu itu sedang marah, maka berwudhu’lah!” (HR. Abu Dawud)

Begitulah kira-kira anjuran rasulullah saat kita sedang dalam amarah. Jadi kita tidak perlu jauh-jauh meminta teman untuk menenangkan amarah kita. Cukup dengan berwudhu insya Allah amarah kita akan hilang.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta jurusan teknik grafika dan penerbitan dan prodi penerbitan (Jurnalistik). Aktif dalam kepanitiaan acara kampus. Membaca dan membuat video kreatif merupakan hobinya. Menyukai hal-hal yang berbau kreatif.

Lihat Juga

Mengendalikan Amarah

Figure
Organization