Topic
Home / Berita / Daerah / 27 Duta Besar akan Hadiri Peringatan 10 Tahun Tsunami Aceh

27 Duta Besar akan Hadiri Peringatan 10 Tahun Tsunami Aceh

Museum Tsunami (ROL)
Museum Tsunami (ROL)

dakwatuna.com – Banda Aceh. Sebanyak 27 Duta Besar (Dubes) akan berkumpul di Banda Aceh untuk menghadiri pertingatan 10 tahun bencana alam gempa dan tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 lalu.

“Puncak kegiatan mengenang 10 tahun tsunami itu dipusatkan di Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh,” katanya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Pahlevi di Banda Aceh, seperti yang dikutip dari ROL, Jumat (5/12).

Para Dubes yang telah konfirmasi hadir itu merupakan diplomat dari negera-negara sahabat yang pernah terlibat dalam membantu Aceh saat tsunami maupun ketika rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana.

Selain 27 Dubes dari negara-negara sahabat, perwakilan dari sebanyak 34 lembaga swadaya masyarakat (NGO) dipastikan juga menghadiri detik-detik mengenang tsunami yang menyapu sebagian besar wilayah pesisir Aceh, 10 tahun lalu.

“Para NGO dan Negara donor itu akan menjadi peserta ekspo kebencanaan yang pusatnya di Blang Padang,” kata Reza Pahlevi menjelaskan.

Pemerintah Aceh, lanjut Reza, berterima kasih kepada masyarakat nasional dan internasional yang telah membantu provinsi ini saat bencana maupun masa rehabilitasi dan rekonstruksi kembali provinsi ini.

Sementara sebelumnya, Kepala Biro Humas Sekda Aceh Mahyuzar menjelaskan pihaknya mengimbau para jurnalis asing untuk mengurus izin peliputan ke Kementerian Luar Negeri di Jakarta.

“Bagi wartawan asing yang ingin meliput peringatan 10 tahun tsunami hendaknya dilengkapi dengan izin dari pihak Kemenlu di Jakarta. Ini perlu untuk mematuhi aturan yang berlaku,” katan Mahyuzar.

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh telah menyebarkan ratusan undangan untuk tamu dalam dan luar negeri yang diharapkan berpartisipasi menghadiri peringatan mengenang bencana alam yang mengakibatkan lebih 200 ribu orang meninggal dunia itu. (rol/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Human Initiative Distribusikan Bantuan Ke Lampung Selatan

Figure
Organization