Home / Pemuda / Mimbar Kampus / Menjadi Mahasiswa yang Berkualitas

Menjadi Mahasiswa yang Berkualitas

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (Mar’ah El Mahbuubah)
Ilustrasi. (Mar’ah El Mahbuubah)

dakwatuna.com – Menjadi mahasiswa yang berkualitas adalah impian kita. Indonesia sangat membutuhkan peran kita sebagai mahasiswa yang berkualitas. Mahasiswa yang berkualitas adalah mahasiswa yang mampu berkompeten di bidangnya secara khusus,mampu beradaptasi dengan lingkungan, bisa menyerap ilmu-ilmu dan hal-hal positif dari yang dipelajari, wawasan keilmuannya luas, daerah lingkupnya bukan hanya Indonesia tapi seluruh dunia, produktif dalam segala aspek kehidupan, lebih siap dan tahan banting dengan kondisi dunia.

Mahasiswa yang berkualitas itu yang bermanfaat bagi masyarakat karena tidak semua yang berprestasi bermanfaat bagi masyarakat. Banyak sekali mahasiswa yang berprestasi di akademik tapi ketika terjun ke lapangan prestasi itu tidak bisa dipertanggung jawabkan. Bisa diartikan bahwa prestasi adalah sebuah tanggung jawab dan tanggung jawab inilah yang seharusnya disadarkan sehingga bermanfaat bagi umat.

Akhlak yang baik itu adalah prestasi, dapat nilai bagus itu adalah prestasi. Dan berkualitas itu adalah hasil kerjanya suatu prestasi. Setiap yang berkualitas pasti berprestasi dan tidak semua yang berprestasi itu berkualitas. Setiap yang berkualitas pasti akhlaknya bagus dan tidak setiap yang berprestasi akhlaknya bagus. Akhlak yang baik akan diikuti dengan prestasi yang berkualitas.

Beberapa negara timur tengah, seperti Sudan. Sudan merupakan salah satu negara yang berada di Timur Tengah dengan jumlah mahasiswa Indonesia bisa dibilang masih relatif sedikit dibanding Mesir. Selain pendidikan formal (kuliah), beberapa mahasiswa mencari pendidikan non formal seperti mengaji ke Syeikh. Kegiatan ini dilakukan biasanya setelah shalat subuh dan setelah shalat maghrib. Dan setiap bulan pun ada kajian kitab karangan Imam Besar bahkan setiap seminggu sekalian di beberapa tempat mengadakan kajian Qiroatul Kutub (membaca kitab), kajian Nahwu, dan Halaqoh Quran.

Jadilah Mahasiswa yang Berkualitas!

Mahasiswa yang bukan hanya berkompetensi di bidang akademik tapi juga  berkompetensi di bidang akhlak dan kualitas dalam ruhiyahnya. Aplikasikan ilmu yang kita dapat sebaik mungkin. Totalitaskan masa mahasiswa kita untuk menjadi lulusan mahasiswa yang berkualitas.

Indonesia, negara yang saat ini sangat butuh perhatian umat, sedikit demi sedikit rusak dengan kualitas mahasiswanya yang kurang memperhatikan akhlak hanya memperhatikan prestasi. Moral anak bangsa yang semakin rusak karena mahasiswa yang kurang kritis memperhatikan akhlak.

Ayo, jadilah Mahasiswa yang Berkualiatas! Yang memiliki akhlak yang lurus, yang mampu berbicara untuk kebaikan umat, bukan mampu berkata di balik layar tapi mampu kritis di depan layar dengan totalitas kerja nyata.

Mahasiswa Berprestasi itu biasa tapi Mahasiswa Berkualitas itu luar biasa!

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Mahasiswi Omdurman Islamic University jurusan Ilam (Hubungan Internasional). Tinggal di khartoum, Sudan. Anggota BIDPUAN PKS Sudan. Aktivitas kuliah dan dakwah.

Lihat Juga

Cegah Sekulerisme, KAMMI Pangkalan Bun Adakan Training Kepemimpinan

Figure
Organization