Topic
Home / Berita / Nasional / Perokok Anak Terus Meningkat, Apa Penyebabnya?

Perokok Anak Terus Meningkat, Apa Penyebabnya?

Kandungan rokok. Ilustrasi (rokokituberbahaya.wordpress.com)
Kandungan rokok. Ilustrasi (rokokituberbahaya.wordpress.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Jumlah anak dan remaja yang menjadi perokok di Indonesia terus meningkat. Hal ini dikarenakan nyasarnya segmen iklan rokok kepada anak dan remaja. Demikian dikatakan oleh Direktur Eksekutif Lentera Anak Indonesia, Herry Chariansyah di Jakarta, Rabu (3/12).

“Berdasarkan survei anak perokok jumlahnya terus naik, 45 persen remaja berusia 13-19 adalah perokok, sementara data Global Youth Tobacco Survey menyebutkan Indonesia merupakan negara dengan jumlah remaja perokok terbesar di Asia,” paparnya.

Menurut Herry, naiknya jumlah anak dan remaja perokok disebabkan iklan rokok menciptakan kesan bahwa merokok adalah sesuatu yang baik dan biasa.

“70 persen remaja memiliki kesan positif terhadap iklan rokok dan 50 persen remaja merasa lebih percaya diri sebagaimana yang dicitrakan dalam iklan,” kata dia, seperti yang dikutip dari ROL, Rabu (3/12).

Selain itu, lebih parahnya, lanjut Herry, 37 persen perokok merasa keren seperti citra yang dibangun dalam iklan dan percaya merokok akan memiliki banyak teman.

“Oleh sebab itu negara harus membuat aturan yang melindungi anak dari bahaya rokok dan selama ini regulasi yang ada belum mampu membatasi akses anak terhadap rokok,” katanya.

Ia menambahkan, meskipun rokok adalah produk legal, tetapi rokok tidak normal. Dia menegaskan, Lentera Anak Indonesia tidak anti terhadap rokok tetapi yang perlu dilakukan adalah pembatasan akses terhadap anak.

“Semua ini bertujuan untuk membangun peradaban yang lebih baik sehingga anak-anak tidak terpapar oleh rokok sejak dini,” katanya. (ROL/abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Aresta VIII (dok. dakwatuna.com)

Ajang Remaja Berprestasi 14: Genggam Dunia dengan Impianmu, Ubah Dunia dengan Potensimu

Figure
Organization