Home / Berita / Internasional / Asia / Cina dan Jepang Akan Hancurkan Senjata Kimia Perang Dunia

Cina dan Jepang Akan Hancurkan Senjata Kimia Perang Dunia

Senjata kimia yang dibuang (bbc)
Senjata kimia yang dibuang (bbc)

dakwatuna.com – Cina. Cina dan Jepang akan mulai menghancurkan senjata kimia yang dibuang para tentara Jepang di Cina pada akhir Perang Dunia Kedua, sebagaimana diberitakan BBC (1/12/2014).

Ratusan ribu barang akan dibakar atau diledakkan di sebuah tempat di Provinsi Jilin di timur laut Cina, tempat sebagian besar senjata kimia ditemukan dikubur. Menurut Kementerian Luar Negeri Cina terdapat sekitar 330.000 senjata di sana.

Tentara Jepang yang menduduki Cina sering kali membuang bahan kimia di sungai-sungai atau menguburkannya saat perang berakhir tiba-tiba sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan dan luka-luka bagi mereka yang tidak sengaja menggalinya.

Diperkirakan terdapat 40 lokasi di 15 provinsi Cina di mana senjata dibuang atau dikuburkan. Selama bertahun-tahun, tidak ada tindakan apa pun yang diambil untuk mengatasi senjata kimia ini, yang sering kali masih terbungkus dalam amunisi yang sudah lapuk.

Jepang sudah sepakat untuk mendanai usaha pembersihan itu, dan kedua negara sudah melakukan perundingan bertahun-tahun tentang bagaimana melakukannya. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Malaysia Hidupkan Kembali Proyek Pembangunan Dengan Cina

Organization