Home / Keluarga / Kesehatan / Penghangat Badan dan Penangkal Sakit di Musim Hujan

Penghangat Badan dan Penangkal Sakit di Musim Hujan

Secangkir wedang jahe (yukiberbagisehat.blogspot.com)
Secangkir wedang jahe (yukiberbagisehat.blogspot.com)

dakwatuna.com – Sebagian besar daerah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Udara dingin dan kondisi lingkungan yang becek bisa menjadi masalah tertentu. Agar tidak gampang sakit, sebaiknya pilih makanan sehat yang bisa menghangatkan badan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Diberitakan dari CNN Indonesia (28/11/2014), berikut beberapa jenis makanan yang bisa jadi penghangat sekaligus menangkal sakit di musim hujan:

  1. Wedang Jahe

Di musim hujan seperti sekarang, tidak ada yang lebih nikmat dari secangkir wedang jahe. Dengan kandungan vitamin C, magnesium, dan mineral lainnya, jahe lebih dari sekadar penghangat badan.

Dengan tingginya tingkat antioksidan, jahe dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh di saat cuaca tak menentu. Secangkir wedang jahe dapat membantu meredakan hidung tersumbat saat sedang flu. Wedang hangat ini juga membantu meradakan gejala pernapasan yang terkait dengan alergi lingkungan.

  1. Bawang Putih

Bawang putih cocok ditambahkan ke dalam sup dan menjadi santapan penghangat sekaligus penangkal sakit. Bawang putih dapat meningkatkan sirkulasi, membantu sistem peredaran darah, serta memberikan nutrisi penting seperti oksigen dan hidrasi pada sel-sel tubuh.

Bawang putih juga mengandung senyawa kimia yang menawarkan sifat antibiotik yang kuat dan antivirus. Senyawa ini dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghancurkan virus pilek dan flu.

  1. Cabai Rawit

“Cabai rawit segar dapat membantu Anda meringankan gejala flu dan pilek,” tulis Dr James Balch dan Phyllis Balch dalam bukunya Prescription for Nutritional Healing.

Capsaicin yang terdapat di cabai merupakan senyawa kimia yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan menghasilkan panas. Panas capsaicin membantu meghangatkan badan saat dingin, juga dapat membantu mengurangi sumbatan di dada dan rongga hidung saat tubuh telanjur sakit.

Capsaicin juga membantu meningkatkan sirkulasi, memberikan nutrisi dan vitamin untuk sel yang terinfeksi.

  1. Biji-bijian dan Gandum Utuh

Roti gandum, beras merah, dan oatmeal memberikan kehangatan langsung dan juga menyediakan karbohidrat kompleks yang diperlukan untuk bahan bakar mesin tubuh.

Biji-bijian dan gandum utuh merupakan sumber vitamin B dan magnesium, yang membantu tiroid dan kelenjar adrenal mengatur suhu tubuh ketika sistem kerjanya melambat karena cuaca dingin. (cnn/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 5)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Tips Membangun Kepercayaan Anak dengan Ibu Bekerja Melalui Ramadhan