Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Merenovasi Rumah Yang Memisahkan Antara Ruang Pembantu dengan Tuan Rumah?

Bagaimana Merenovasi Rumah Yang Memisahkan Antara Ruang Pembantu dengan Tuan Rumah?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

AGUS SURYONO DISAIN 2 - view 3dakwatuna.com – 

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di dakwatuna, saya ingin merenovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai. Karena kebutuhan keluarga yang sudah mendesak.

Saya ingin di bawah ada 1 kamar anak dan 1 kamar tidur untuk tamu. Lalu di atas 1 ruang tidur utama dan 3 ruang tidur anak. Cuci jemur juga saya ingin di atas.

Saya ingin ruang pelayan terpisah, lalu ada mushalla juga.

Demikian pertanyaan kami. Data denah awal sudah saya lampirkan. Akan sangat senang kira nya jika Pak Andan bisa singgah ke rumah kami di Bukit Az Zikra Sentul.

Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Suryo

 

Jawaban:

Walaikum salam wrwb

Pak Suryo yang saya hormati, tanah yang kecil membuat saya harus berhati – hati membuat pola renovasi ini. Yang jelas bangunan lama tetap saya pertahankan. Hingga renovasi ini menjadi tidak mahal. Karena bangunan lama tetaplah aset yang sangat berharga.

Sisi kanan bangunan saya jadikan sebagai areal privacy dan sisi tengah areal publik dan sisi kiri jadi area service. Kunci utama nya adalah di area service ini. Karena ia merupakan suntikan utama jalur sirkulasi baru bagi rumah ini kelak.

Ruang pelayan saya pisahkan di belakang. Hingga ia memiliki privacy sendiri. Aktivitas setrika dan merapikan baju bisa dilakukan di sini. Sementara cuci jemur ada di atas. Dengan tangga yang tidak terlalu jauh dari ruangan ini , maka sirkulasi nya menjadi mudah dan praktis.

Ruang tidur utama saya letakkan di atas kanan. Hingga memiliki pandangan yang lega ke luar rumah. Dekat juga dengan balkon. Hingga bisa menikmati pemandangan sentul yang indah. Dengan kamar mandi dalam yang memiliki jalur pipa yang terhubung dengan kamar mandi bawah.

Kamar mandi umum di sebelah kiri lantai 2 juga ada hubungan jalur pipa nya dengan kamar mandi di bawahnya. Pola ini benar – benar membuat biaya renovasi hemat dan praktis. Waktu pengerjaan nya juga menjadi lebih cepat.

Untuk tampak depan saya berikan teras yang lapang. Hingga ia menjadi daya tarik utama dan nyaman untuk menerima tamu yang hanya sesaat. Kursi tamu dapat juga di letakkan di teras ini. Karena ia terlindungi dari hujan dan panas.

Tampak muka secara keseluruhan adalah minimalis. Walaupun saya gabungkan juga dengan gaya tropis batu alam dan teras panjang yang menjadi gerbang utama rumah dengan pilar tropis berbalut kaca kuning cerah serta lampu delman yang menempel di tembok.

Alhamudulillah, selesai sudah desain kita kali. Semoga rumah Pak Suryo menjadi baiti jannati, keluarga yang menempatinya diberikan mawaddah  sakinah wa rahmah. Insya Allah saya bisa mampir ke rumah bapak.

Demikian saja desain ini saya buat dengan harapan kita semua mendapat ilmu tentang rumah Islami yang baik dan benar.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

 

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan /order desain/pelaksanaan ke : [email protected]

AGUS SURYONO denah awalAGUS SURYONO DISAIN 2 - denah renovAGUS SURYONO DISAIN 2 - view 1AGUS SURYONO DISAIN 2 - view 3AGUS SURYONO DISAIN 2 - view 6AGUS SURYONO DISAIN 2 - view 7AGUS SURYONO DISAIN 2 - view 8AGUS SURYONO DISAIN 2 - view 9

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 10,00 out of 5)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Bisakah Renovasi Rumah Tanpa Rubah Muka Lama Rumah?

Organization