Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Kesehatan / Apakah Sariawan di Bibir Ada Hubungannya Dengan Sakit Gigi?

Apakah Sariawan di Bibir Ada Hubungannya Dengan Sakit Gigi?

Sariawan di bibir.  (tribunnews.com)
Sariawan di bibir. (tribunnews.com)

dakwatuna.com – 

 

Pertanyaan:

Asslaamu’alaikum wrwb

Dokter Ibnu yang saya hormati, saya sering sariawan di bibir. Apakah ada hubungan nya dengan gigi jika gigi sedang sakit? Saya laki-laki dan masih remaja dok, belum sampai 20 tahun usia saya.

Terima kasih atas penjelasan Dokter Ibnu. Terima kasih pula kepada dakwatuna yang telah menayangkan pertanyaan ini.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Chandra

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Mas Chandra yang saya hormati, terima kasih atas akses nya ke dakwatuna. Semoga Allah memberikan kesehatan pada mas Chandra, hingga sakit sariawan nya bisa segera sembuh.

Mas Chandra dan netters dakwatuna  sekalian, secara keilmuan tidak ada hubungannya antara sakit gigi dengan sariawan. Penyebab sariawan sampai hari ini tidak di ketahui.

Untuk itu medis mengenal nya dengan istilah , sariawan timbul dengan adanya faktor pendahulu. (predisposisi) . Faktor pendahulu ini dapat terjadi karena faktor hormonal. Dengan istilah lain stomatis aftosa.

Ada 3 hal yang berperan dalam faktor hormonal ini, yang pertama adalah stress, lalu yang ke dua daya tahan tubuh yang menurun dan yang ketiga masa haid bagi kaum wanita.

Selain faktor hormonal tadi, sariawan dapat terjadi juga karena faktor trauma. Istilah kedokteran nya stomatitis aftosa decubitalis. Trauma ada 4 hal : yang pertama karena gigitan pada lidah atau bibir. Lalu yang kedua benturan pada bibir, yang ketiga karena ada gigi yang tajam atau kasar, hingga membuat bibir luka.

Faktor yang ke-empat atau yang terakhir adalah karena kawat gigi ( braket orthodonti ). Nah, dari jawaban tersebut berarti sariawan terjadi saat sakit gigi yang dengan sakit gigi akan dapat menyebabkan daya tahan tubuh turun.

Demikian penjelasan saya, semoga ada manfaat nya. Akhirul kalam,

Wassalamu’alaikum wrwb

 

drg. Ibnu Adrian, MARS.

Kirimkan email pertanyaan ke: [email protected]

(and/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 5)
Loading...
Avatar
Dokter gigi, lulusan Universitas Trisakti-Jakarta. Membuka Praktek dokter di Jakarta. Klinik drg. Ibnu dan drg. Hanna berada di Jl. Duren Tiga Selatan, no. 8E. Jakarta Selatan. Telp: 021-362 005 99 HP: 0818 0657 3603

Lihat Juga

Mengapa Cabut Gigi Sebabkan Bibir Jadi Tebal Sebelah?

Figure
Organization