Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Astronot Wanita Pertama Terbang ke ISS

Astronot Wanita Pertama Terbang ke ISS

Astronot wanita Italia pertama, Samantha Cristoforetti (reuters.com/republika.co.id)
Astronot wanita Italia pertama, Samantha Cristoforetti (reuters.com/republika.co.id)

dakwatuna.com – Rusia. Astronot wanita asal Italia menjadi wanita pertama yang mendarat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS), Senin ini (24/11/2014). NASA mengatakan Samantha Cristoforetti (37 tahun) terbang dengan pesawat Rusia Soyuz.

Ia menuju ISS dengan kosmonot Anton Shkaplerov dan astronot Amerika Serikat, Terry Virts. Mereka tiba di laboratorium luar angkasa dengan Soyuz TMA-15M pada Senin pukul 02.49 GMT.

“Kendaraan baru telah tiba. Soyuz dikonfirmasi menempel dengan sempurna di atas Lautan Pasifik,” kata televisi NASA. Cristoforetti, Virts, dan Shkaplerov tiba enam jam setelah tinggal landas dari Kosmodrom Baikonur Rusia di Kazakhstan.

Mereka akan berada di luar angkasa hingga Mei 2015. Mereka bertugas membawa pasokan makanan untuk para astronot di angkasa. Mereka membawa satu kilo kaviar di koper dan sebuah mesin espreso.

“Ada sekitar 15 kotak masing-masing 30 gram kaviar. Ada juga apel, jeruk, tomat dan 140 dosis susu beku, juga teh hitam tanpa gula,” kata pihak berwenang stasiun luar angkasa pada kantor berita Rusia, TASS, Senin (24/11/2014).

Cristoforetti adalah kapten angkatan udara Italia. Ia tidak hanya menjadi satu-satunya astronot wanita dari Italia yang pergi ke luar angkasa, tapi juga satu-satunya astronot wanita yang membawa mesin pembuat espreso Italia ke orbit luar angkasa. (republika/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 7,50 out of 5)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization