Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Diam-Diam Inggris Pasok Senjata ke Israel untuk Serang Gaza

Diam-Diam Inggris Pasok Senjata ke Israel untuk Serang Gaza

Sisi kehancuran bangunan di Gaza (www.aps.dz)
Sisi kehancuran bangunan di Gaza (www.aps.dz)

dakwatuna.com – Jakarta.  Inggris ditengarai menyetujui penjualan senjata ke Israel senilai 7 miliar Poundsterling, dalam enam bulan sebelum serangan di Gaza musim panas ini. Penjualan senjata ini meliputi drone, pesawat tempur, helikopter beserta suku cadang untuk sniper.

The Independent melansir peralatan buatan Inggris yang digunakan oleh militer Israel selama operasi di Gaza pada Juli dan Agustus lalu. Operasi militer itu telah menyebabkan kematian lebih dari 2000 warga Palestina, 73 warga Israel dan 66 tentara.

The Independent mengungkapkan menteri Departemen Inovasi Bisnis dan Ketrampilan (BIS) telah memerintahkan peninjauan izin ekspor alat-alat militer ke Israel. Penolakan Pemerintah Inggris untuk menangguhkan lisensi tersebut menyebabkan perpecahan koalisi serta menyebabkan pengunduran diri Menteri Luar Negeri Baroness Warsi.

Data resmi Campaign Against Arms Trade (CAAT) menunjukkan bahwa Inggris diberikan 68 izin ekspor senilai 6,96 milyar Pound untuk barang-barang militer  yang akan dikirim ke Israel antara Januari dan akhir Juni tahun ini.

Izin ekspor ini meliputi komponen peperangan elektronik serta  sniper bagian senapan. The Independent mengungkapkan sejak tahun 2010, Inggris telah diberikan izin ekspor ke Israel senilai  42 juta Pound untuk 131 perusahaan pertahanan Inggris.

Andrew Smith, dari CAAT mengatakan data yang ditemukan menunjukkan bahwa Inggris mendukung lisensi senjata yang digunakan untuk menyerang Gaza. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 7,33 out of 5)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Sabyan Kampanye Pembangunan Klinik THT di Palestina

Figure
Organization