Home / Berita / Internasional / Asia / Alhamdulillah, Indonesia Cetak Prestasi di Ajang MHQ Internasional di Arab Saudi

Alhamdulillah, Indonesia Cetak Prestasi di Ajang MHQ Internasional di Arab Saudi

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Utusan dari Indonesia M Luthfi Khalifah di MHQ Internasional di Arab Saudi. (kompasiana)
Utusan dari Indonesia M Luthfi Khalifah di MHQ Internasional di Arab Saudi. (kompasiana)

dakwatuna.com – Makkah. Dua Pemuda asal Indonesia berhasil meraih Prestasi di Ajang Musabaqah Hifdhil Quran (MHQ) Internasional yang diselenggarakan di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Sabtu-Rabu (15-19/11). Dua pemuda Indonesia itu yakni Muhammad Luthfi Sulaiman yang meraih juara ketiga cabang MHQ 30 Juz dan Rahmat Abdurrahim Batubara yang meraih juara kedua cabang MHQ 15 Juz.

Perhelatan akbar ini diikuti oleh 59 negara dengan total peserta 130 orang, terdiri dari bidang tafsir, 30 Juz, 15 Juz dan 5 Juz khusus untuk negara-negara minoritas muslim.

Salah satu delegasi Indonesia Muhammad Luthfi Khalifah mengatakan, bahwa teknis perlombaan ada dua kali tahapan, yaitu tahap seleksi dan babak final.

Dia mengaku bahwa dirinya sempat merasa gugup dalam menjawab pertanyaan hafalan oleh dewan hakim. Namun ia berhasil tampil dengan baik.

“Alhamdulillah, Hadza min fadhli rabbina,” ungkapnya ketika ditanya perasaannya setelah meraih prestasi tersebut. Luthfi pun berhak mengantongi hadiah sebesar 75 ribu riyal atau sekitar 243 juta rupiah.

Dan ia pun mengaku sangat gembira ketika bertatap muka langsung, bersalaman dan mencium tangan Imam Besar Masjidil Haram, Syaikh Abdurrahman As-Sudais.

Disela-sela perlombaan inti, Muhammad Luthfi pun mengikuti perlombaan olahraga antar peserta musabaqah, dan Luthfi berhasil mendapatkan medali perak dalam lomba futsal bersama rekan satu timnya dengan beberapa negara lain. Pemuda yang kini berusia 19 tahun asal Karawang, Jawa Barat ini sebelumnya meraih Juara 1 MTQ Nasional cabang MHQ 30 Juz di Kepulauan Riau tahun 2014 dan mendapatkan juara harapan 1 MTQ Internasional di Iran tahun 2014. Luthfi menamatkan hafalan Al-Qur’annya dalam waktu kurang lebih tiga tahun pada usia 15 tahun, tepatnya di Pondok Pesantren Darul Quran Mulia, Gunung Sindur, Bogor.

Sementara peserta asal Indonesia lainnya, Rahmat Batubara, berhasil memperoleh juara kedua cabang 15 juz. Dia berhak mengantongi hadiah uang sebesar 45 ribu riyal atau sekitar 146 juta rupiah. Pemuda berusia 22 tahun asal Asahan, Sumatera Utara ini pun sebelumnya berhasil menjuarai berbagai event nasional maupun internasional, di antaranya Juara 1 MTQ tingkat Nasional di Bangka Belitung, Juara 1 MHQ tingkat Internasional di Brunei Darussalam, Juara 3 MHQ tingkat Internasional di Mesir dan Juara 3 MHQ tingkat Internasional di Libya.

Berikut daftar pemenang lomba MHQ tingkat Internasional di Arab Saudi ini:

Cabang MHQ 30 Juz :

Juara 1 Abdullah bin Hamd Salim, Qatar
Juara 2 Abdullah Muhammad Khalifah, Libya
Juara 3 Muhammad Luthfi Sulaiman, Indonesia
Juara 4 Muhammad Al Athrasy Abdul ‘Ali Mas’ud, Maroko
Juara 5 Ibrahim Khalifah Hamdan, Bahrain

Cabang MHQ 15 Juz :

Juara 1 Salim Abdullah Salim, Libya
Juara 2 Rahmat Abdurrahim Batubara, Indonesia
Juara 3 Abdul Aziz, Saudi Arabia
Juara 4 Ahmad Husain Ahmad Harakat, Aljazair
Juara 5 Husain Jibril Dana’, Chad.

(abr/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Moderat, pecinta Al-Quran, suka menulis dan berbagi informasi, juga blogger mania.

Lihat Juga

Doa Dr. Thariq Suwaidan agar Syaikh Salman Audah Segera Dibebaskan