Topic
Home / Berita / Rilis Pers / Wisuda IX Sarjana Ekonomi Islam STEI SEBI

Wisuda IX Sarjana Ekonomi Islam STEI SEBI

Rachmad Rizky Kurniawan, Wisudawan Terbaik dari prodi Perbankan Syariah dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.86.  (Fahmi/SEBI)
Rachmad Rizky Kurniawan, Wisudawan Terbaik dari prodi Perbankan Syariah dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.86. (Fahmi/SEBI)

dakwatuna.com – Depok.  Pada hari ini, Sabtu tanggal 22 November 2014 bertepatan dengan 29 Muharram 1436 H, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI melaksanakan kembali sidang senat terbuka dalam rangka wisuda Sarjana Ekonomi Islam bertempat di PUSBANG TENDIK Kemendikbud, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Wisuda IX STEI SEBI diikuti 91 (sembilan puluh satu) wisudawan dan wisudawati dari dua program studi, Perbankan Syariah dan Akuntansi Syariah. Mereka terdiri dari 50 (lima puluh) alumni program Perbankan Syariah dan 41 (empat puluh satu) alumni program studi Akuntansi Syariah.

Rangkaian acara yang diselenggarakan pada Wisuda ini yaitu; (a). Pembukaan, (b). Tilawah Al-Qur’an, (c). Laporan Akademik oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik; Azis Budi Setiawan, SEI, MM, (d). Sambutan dari Yayasan Bina Tsaqofah oleh Charmeida Tjokrosuwarno, MA,   (e). Sambutan dari Ketua Majelis Wali Amanat oleh Prof. DR. KH. Didin Hafiduddin, MSc, (f). Orasi ilmiah Oleh Bpk. Ali Nuridin, Direktur Utama Bank Jabar Banten Syariah, (g). Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) Kerjasama, (h). Prosesi Wisuda, (i). Pengumuman Wisudawan Terbaik, (j) Janji Wisudawan, (k) Kesan dan Pesan Wisudawan. (l). Kesan dan Pesan Orangtua Wisudawan, (m). Pesan dan Amanat dari Donatur Beasiswa; Bpk. Budianto, SH, Direktur Beastudi Indonesia Dompet Dhuafa,  (n). Pelepasan Wisudawan oleh  Ketua STEI SEBI (Pjs) ; M. Asmeldi Firman, MM, Ak, CA, BKP,  (o). Doa dan penutupan.

Orasi ilmiah akan disampaikan oleh Bpk. Ali Nuridin, Direktur Utama Bank Jabar Banten Syariah. Tema yang akan diangkat pada orasi ilmiah adalah “Arah Pengembangan Perbankan Syariah di Tengah Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”.

Pada salah satu rangkaian acara juga akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara STEI SEBI dengan Bank Jabar Banten Syariah. Ruang lingkup nota kesepahaman ini yaitu; Magang Kerja, Informasi Dunia Kerja, dan Beasiswa. Harapan ke depannya dengan MoU ini dapat meningkatkan skill dan kemampuan mahasiswa dan alumni STEI SEBI dalam bidang perbankan syariah. Selain itu MoU ini juga menjadi bagian sinergi dalam menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia untuk menguatkan institusi kedua belah pihak.

Para peserta Wisuda IX, alhamdulillah telah bekerja sebelum wisuda. Tercatat sampai saat ini, 49.5 % (empat puluh sembilan koma lima persen) alumni telah bekerja di berbagai institusi. Hal ini menunjukkan daya serap alumni STEI SEBI sangat baik di dunia kerja. Bahkan data keseluruhan alumni STEI SEBI yang telah bekerja mencapai 98% (sembilan puluh delapan persen) dari berbagai angkatan).

Saat ini para alumni STEI SEBI telah berkiprah di Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, Bukopin Syariah, Bank Panin Syariah, CIMB Niaga Syariah, BTN Syariah, Bank Jabar Banten Syariah, Bank BCA Syariah, Kementrian Agama, Kementrian Pertanian, Asuransi Takaful, Dompet Dhuafa, BAZNAS, Rumah Zakat,  PKPU, Kantor Akuntan Publik,  dll. Sebagian dari alumni menekuni bisnis syariah pada berbagai macam sektor dan juga berprofesi dalam bidang pendidikan (dosen dan guru).

Alhamdulillah beberapa alumni juga telah selesai menuntaskan pasca-sarjana di International Islamic University of Malaysia (IIUM), Paramadina Graduate School of Business, Universitas Indonesia (UI), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Islam Az Zahra, Universitas Trisakti, STIE Ahmad Dahlan, Universitas Ibnu Khaldun, Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ), Universitas Muhammadiyah Jakarta,  Universitas Mercubuana, dll.

Wisudawan terbaik pada wisuda kali ini, diraih oleh Rachmad Rizky Kurniawan  dari prodi Perbankan Syariah dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.86 (tiga koma delapan enam). Sedangkan pada prodi Akuntansi Syariah, diraih oleh Eka Widiastuti dengan IPK 3.88 (tiga koma delapan delapan). Alhamdulillah, Eka Widiastuti sudah bekerja di Kantor Pusat Bank Syariah Mandiri, sedangkan Rachmad Rizqi Kurniawan sudah bekerja sebagai Direktur Eksekutif Koperasi Darul Qur’an Mulia dan sedang melanjutkan pasca sarjana di Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Selain hal tersebut, wisuda kali ini juga turut mewisuda para penerima beasiswa SDM EKSPAD (Ekonomi Syariah Pelopor Pembangunan Daerah) Angkatan ke-V yang didukung oleh Beastudi Indonesia Dompet Dhuafa, Baitul Maal Muamalat, dan PPPA Darul Qur’an.

Para wisudawan kali ini juga telah mengukir prestasi perlombaan mahasiswa tingkat nasional & regional yang sangat membanggakan sekaligus mengokohkan STEI SEBI sebagai “Kampusnya Para Juara”. Prestasi-prestasi tersebut diantaranya:

  1. Lili Fajri, dengan Prestasi : Jura I Lomba Essay Ekonomi Islam APP Jakarta Tahun 2011 Tingkat Nasional, Juara III Olimpiade Ekonomi Islam Temu Ilmiah Regional  FOSSEI se Jabodetabek di Perbanas Tahun 2011, Juara III Lomba Essay Ekonomi Islam SELEB UNJ Tahun 2011, Juara II Debat Ekonomi Islam FES UMY Tahun 2011 Tingkat Nasional, Juara Harapan I Debat Ekonomi Islam Sharia Economic Days UI Tahun 2013 Tingkat Nasional, Juara II Lomba Essay Temilreg FOSSEI se Jabodetabek Tahun 2011, Juara II Lomba Esay STIE Perbanas Tahun 2011.
  2. Kamaludin Enuh, dengan prestasi :  Juara I Debat Politik Ekonomi PNJ Fair Tahun 2013 se-Jabodetabek, Juara II Lomba Orasi Politik PNJ Fair Tahun 2013 se-Jabodetabek, Juara II Debat Ekonomi Islam FES UMY Tahun 2011 Tingkat Nasional.
  3. Eka Widiastuti, Juara II Debat Ekonomi Islam Dinar STEI Tazkia Tahun 2011.
  4. Bintang Samsu Purwanda, Juara I Cerpen Asuransi Syariah MES & Asuransi Allianz Tingkat Nasional Tahun 2013 dan Juara II Lomba Hifdzil Qur’an FK Univ Yarsi Tingkat Jabodetabek Tahun 2011.
  5. Nurdini, Juara II Lomba Qiraatul Kutub Festival Syariah UIN Jakarta se-Jabodetabek.
  6. Nurhana Kholifah, Juara Harapan I Debat Ekonomi Islam Sharia Economic Days UI Tahun 2013 Tingkat Nasional
  7. Ana Oktaviani dan Orisa Satifa, Juara II Olimpiade Ekonomi Islam Temilreg FOSSEI Jabodetabek Unisma Bekasi Tahun 2011.
  8. Naili  Azkiya, Khoirul Muhimmah, Hikmah Fauziati, Juara III Olimpiade Ekonomi Islam SELEB UNJ Tahun 2013.

Harapannya dengan terlaksananya Wisuda IX ini, maka ke depan para alumni STEI SEBI dapat terus berkiprah untuk mengembangkan ekonomi syariah di berbagai institusi. Hal ini semoga menjadi bagian penting dalam upaya merealisasikan kemaslahatan ekonomi syariah bagi perekenomian Indonesia, khususnya menyambut tantangan baru yaitu Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan melapangkan jalan untuk merealisasikan cita-cita mulia STEI SEBI dan para alumninya dalam memberikan kontribusi kebaikan bagi umat, bangsa dan negara. (Fahmi/SEBI/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Dari Desa Curug untuk Kemerdekaan Palestina

Figure
Organization