Home / Berita / Internasional / Asia / Buntut dari Daftar Organisasi Teroris Emirat, Pemimpin Ikhwanul Muslimin Yordania Ditahan

Buntut dari Daftar Organisasi Teroris Emirat, Pemimpin Ikhwanul Muslimin Yordania Ditahan

Ikhwanul Muslimin adalah kelompok oposisi terkuat di Yordania. (BBC)
Ikhwanul Muslimin adalah kelompok oposisi terkuat di Yordania. (BBC)

dakwatuna.com – Amman. Hubungan antara pemerintah Yordania dan Jamaah Ikhwanul Muslimin memanas setelah pemerintah menangkap dan menahan salah seorang pemimpinnya, Zaki Bani Irsheid, Jumat (21/11/2014) dini hari.

Bani Irsheid, yang merupakan wakil pemimpin Ikhwanul Muslimin Yordania, ditahan dengan tuduhan mengeruhkan hubungan negara dengan negara sahabat. Beberapa sumber menyebutkan bahwa hal itu dituduhkan setelah Bani Irsheid menulis sebuah artikel berisi kritikan kepada Uni Emirat Arab yang memasukkan Ikhwanul Muslimin ke dalam daftar organisasi teroris.

Selain itu, Bani Irsheid juga menyebutkan bahwa Emirat telah berhasil membuat blok yang memusuhi dan melawan politik Islam di Timur Tengah.

Pemimpin Ikhwanul Muslimin Yordania, Hammam Saeed, mengatakan bahwa wakilnya ditangkap saat dalam perjalanan menuju airport untuk menghadiri acara Dialog Eropa di Zurich. Bani Irsheid dikejutkan dengan banyaknya kendaraan kepolisian yang menghadang jalannya. Dia ditangkap dan dibawa ke kantor intelijen negara sebelum akhirnya dimasukkan ke tahanan Juwaideh, Amman.

Saeed meminta pemerintah segera membebaskan wakilnya, “Tidak dibenarkan menangkap seseorang hanya karena dia menulis sebuah artikel untuk mengungkapkan pendapatnya.”

Dalam artikelnya, Bani Irsheid memang mengkritik pemerintah Emirat dengan cukup pedas. Pemerintah Emirat dikatakannya sebagai pesponsor utama teroris, dan sama sekali tidak mempunyai legalitas memerintah Emirat.

Sikap Emirat yang memasukkan Ikhwanul Muslimin juga dikatakan sebagai asal-asalan. Karena memasukkan semua organisasi Islam, walaupun organisasi sosial, ke dalam daftar organisasi teroris. (msa/dakwatuna/bbc)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Jamaah Ikhwanul Muslimin dalam Keadaan Stabil, Berikut Wawancara Sekjen IM dengan Aljazeera