Home / Narasi Islam / Life Skill / Tips Menata Kamar Tidur

Tips Menata Kamar Tidur

Ilustrasi. (walmart.com)
Ilustrasi. (walmart.com)

dakwatuna.com – Kamar tidur merupakan bagian vital dari sebuah rumah. Pasalnya, sebagian orang akan menghabiskan sebagian besar waktunya di ruangan ini untuk beristirahat dan bersantai dibandingkan ruangan lain seperti dapur, ruang makan, dan ruang tamu.

Oleh karena itu, kamar tidur diharapkan bisa didesain senyaman mungkin agar penghuni rumah yang menempati kamar tersebut merasa betah dan nyaman saat berada di dalamnya. Dan seringkali ditemui, penghuni rumah yang merasa kesulitan untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman karena beralasan ukuran kamar tidur yang dimiliki cukup sempit. Padahal kamar tidur yang sempit tetap dapat dibuat menjadi ruangan yang nyaman dan tidak kalah dengan kamar tidur berukuran lebih besar.

Maka setidaknya, ada beberapa tips dan trik yang perlu diterapkan, sebagai berikut:

  1. Untung menghasilkan kamar tidur yang nyaman, kita harus pintar bermain warna. Kamar tidur yang kecil dapat terlihat lebih luas jika menggunakan warna – warna terang. Karena warna terang mampu memberikan efek visual yang lebih luas dan terbuka. Misalnya saja kita gunakan warna putih sebagai warna utama untuk dinding di dalam kamar. Jika tidak suka dengan warna putih, dapat menggunakan warna hijau muda, pink, biru muda, kuning cerah atau warna terang lainnya. Bila ingin menggunakan warna – warna yang tegas seperti warna merah, coklat, biru tua, atau ungu, gunakanlah warna tersebut pada salah satu sisi dinding misalnya di dinding bagian belakang tempat tidur sedangkan dinding sisi lainnya berwarna putih. Atau bisa menggabungkannya dengan motif garis – garis. Karena warna yang gelap saja di dalam kamar tidur cenderung akan membuat ruangan menjadi lebih sesak.
  2. Kamar tidur sejatinya dibuat sebagai tempat untuk beristirahat dan tentu kita ingin beristirahat dengan nyaman. Jadi, jangan terlalu banyak barang-barang furniture, cukup letakkan ranjang yang nyaman dan lighting yang memadai. Karena dua elemen ini sudah cukup untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman. Jika ada ruangan tersisa, kita bisa memanfaatkannya dengan meletakkan meja kecil di samping tempat tidur. Selain itu, bisa juga letakkan karpet di bagian bawah ranjang untuk memberikan suasana yang lebih hangat dan nyaman di dalam kamar.
  3. Bila kita cenderung mudah bosanan dengan suasana kamar. Saya rasa pilihan untuk memasang wallpaper adalah kebijakan yang baik. Wallpaper ternyata juga jauh lebih murah dibandingkan dengan cat dinding. Tidak hanya murah saja akan tetapi wallpaper sekarang ini memiliki banyak sekali ragam motif dan corak serta warna yang bervariasi sehingga kamar akan terlihat lebih menarik.
  4. Aksesoris kamar lainnya yang harus disesuaikan adalah gorden jendela. Kita dapat memasang gorden jendela dengan warna yang sesuai dengan kondisi kamar tidur, baik sesuai warna cat dinding atau sesuai warna seprei ranjang tidur kita. Selain itu dapat memilih model serta corak yang cocok untuk kamar tidur kita.
  5. Rajinlah menata kamar tidur kita. Menata ulang furniture itu sangat penting, bila perlu kita dapat memindahkan tata letak furniture di tempat yang lebih nyaman untuk dipandang. Dengan menata ulang furniture maka kamar pasti akan menjadi terlihat berbeda dan tentunya akan membuat semakin betah di dalam ruang kamar kita.
  6. Terakhir, simpanlah furniture yang tidak terpakai ke gudang rumah. Dengan demikian kamar kita akan terlihat lebih indah dan menjadikan kamar terkesan lebih luas dan lebar walaupun sebenarnya sempit dan minimalis.

Mungkin itu tips yang bisa saya bagikan. Selamat mencoba ya!

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Deasy Lyna Tsuraya
Fulltime mother yang sedang asyik mengurus seorang putra, senang menulis dan mengembangkan kemampuan diri menjadi seorang pembicara atau moderator acara kemuslimahan. Mengisi kesehariannya dengan mengelola web islami dan usaha Rumah Koleksi Antaradin yang bergerak di bidang fashion islami.

Lihat Juga

Tips Membangun Kepercayaan Anak dengan Ibu Bekerja Melalui Ramadhan

Organization