Home / Berita / Internasional / Asia / Kenapa Hakim AS Larang Sipir Wanita Penjara Guantanamo Sentuh Tahanan Ini?

Kenapa Hakim AS Larang Sipir Wanita Penjara Guantanamo Sentuh Tahanan Ini?

Penjara perang Guantanamo (armstrongeconomics.com)
Penjara perang Guantanamo (armstrongeconomics.com)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Hakim militer AS memerintahkan seluruh sipir wanita di penjara perang Guantanamo untuk tidak mendekati dan menyentuh seorang tahanan warga Irak yang dituduh sebagai salah seorang pimpinan Al-Qaidah di Afghanistan.

Pengacara dari terdakwa yang bernama Abdul Hadi tersebut mengungkapkan bahwa kliennya seorang muslim dan keyakinannya melarang untuk bersentuhan dengan wanita yang bukan istri.

Hakim telah mengeluarkan perintahnya pada tanggal 7 November 2014 lalu yang melarang seluruh sipir wanita di penjara tersebut untuk tidak menyentuh Abdul Hadi kecuali ada keadaan yang mengharuskannya.

Keputusan tersebut kemudian diperpanjang pada Selasa kemarin (18/11/2014) hingga jadwal sidang berikutnya pada 26 Januari 2015.

Keputusan hakim tersebut dilatarbelakangi kejadian pada tanggal 8 Oktober 2014 lalu, di mana Abdul Hadi berontak dan marah ketika sipir wanita hendak menyentuhnya dan memakaikan borgol ke tangannya, sehingga akhirnya terpaksa memanggil sipir laki-laki.

Menurut sumber militer AS, terdapat sekitar 10% sipir wanita dari keseluruhan sipir yang bertugas di penjara Guantanamo. (islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.