Topic
Home / Narasi Islam / Life Skill / Tips Mengendarai Motor di Musim Penghujan

Tips Mengendarai Motor di Musim Penghujan

Ilustrasi. (otomotifnet.com)
Ilustrasi. (otomotifnet.com)

dakwatuna.com – Musim hujan sudah tiba. Tentunya hal ini akan membuat para pengendara motor kesulitan saat berkendara. Akhir-akhir ini hujan yang turun membuat jalan raya basah dan mengalami genangan air, yang akan menjadi masalah tersendiri bagi para pengguna sepeda motor.

Genangan air atau banjir bisa mengakibatkan kecelakaan, apalagi saat jalanan licin karena sepeda motor sulit untuk dikendalikan saat terjadi hujan.

Untuk itu, penting bagi kita sebagai pengendara sepeda motor untuk mengantisipasi terjadinya hujan dan banjir. Berikut saya bagi tips dalam mengendarai motor saat terjadi hujan atau banjir:

  1. Ketika hendak mengendarai motor kita harus mengecek kondisi motor kita. Karena jika terjadi hujan yang sangat deras dan mengakibatkan banjir yang sangat tinggi, air genangan banjir dapat merusak kelistrikan motor sehingga motor bisa mati atau mogok. Kita bisa memberi sealent pada chop atau tutup busi agar busi terhindar dari air yang dapat mengakibatkan motor akan susah dihidupkan.
  2. Jangan lupa untuk menyiapkan jas hujan serta pelindung lainnya. Sedikit tips, gunakanlah jas hujan tipe baju (bukan ponco) karena lebih aman dan tidak berpotensi menyebabkan bahaya saat mengemudi. Lalu membawa plastik untuk mengamankan isi tas atau membungkus tas secara keseluruhan. Tentu hal ini akan mengurangi risiko tas menjadi basah. Bisa juga dengan membawa sepatu yang dibungkus dalam plastik dan kita menggunakan sandal saja ketika berkendara agar sepatu juga tidak menjadi basah.
  3. Ketika sedang mengendarai motor, cari jalan yang lebih aman. Hindari genangan air dan kondisikan laju sepeda motor jangan terlalu kencang saat melintasi daerah banjir yang cukup tinggi karena sangat berbahaya. Selain itu karena akan berpengaruh pada jarak pandang saat mengendarainya. Saya sarankan untuk menutup kaca helm agar melindungi mata dan wajah dari guyuran air hujan. Namun, jika merasa pandangan terganggu, kita dapat membuka kaca helm, apalagi jika memakai kaca helm gelap.
  4. Gunakan bantuan rem untuk menyelaraskan kecepatan dan keseimbangan motor. Sedikit tips dalam pengereman, gunakan rem belakang terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan rem ban depan dengan halus.
  5. Hindari pengereman mendadak (emergency brake). Jika sampai harus melakukan pengereman, usahakan kaki bergerak seperti tekan-angkat. Jadi lakukan pengereman dengan cara menginjak pedal rem, lepaskan kemudian injak lagi. Lakukan beberapa kali dengan halus.
  6. Jika sudah sampai tempat tujuan. Saya sarankan untuk mencuci motor dengan air bersih, karena air hujan mengandung asam yang bisa menyebabkan karat pada besi dan pudar pada warna body Kemudian menyiram dan membersihkan bagian rem, karena terjadinya hujan membuat rem kotor sehingga tidak berfungsi maksimal.
  7. Terakhir, jangan lupa untuk selalu merawat speedometer, karena piranti tersebut rawan rusak pada musim penghujan. Rajinlah memberi pelumas pada rantai motor secara rutin, minimal seminggu sekali yang bertujuan untuk melindungi rantai dari karat dan menjaga rantai tetap dinamis, sehingga bisa lebih awet.

Baiklah… Mungkin itu tips yang bisa saya bagikan untuk para pengendara sepeda motor. Semoga dengan antisipasi tersebut dapat meminimalisasi dari bahaya yang akan datang. Jangan lupa untuk selalu membaca doa sebelum dan selama berkendara. Semoga Allah selalu melindungi kita di dalam perjalanan. Aamiin.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Deasy Lyna Tsuraya
Fulltime mother yang sedang asyik mengurus seorang putra, senang menulis dan mengembangkan kemampuan diri menjadi seorang pembicara atau moderator acara kemuslimahan. Mengisi kesehariannya dengan mengelola web islami dan usaha Rumah Koleksi Antaradin yang bergerak di bidang fashion islami.

Lihat Juga

Tips Membangun Kepercayaan Anak dengan Ibu Bekerja Melalui Ramadhan

Figure
Organization