Home / Berita / Nasional / Siaga Bencana, PKPU Launching dan Latih Relawan Kebencanaan

Siaga Bencana, PKPU Launching dan Latih Relawan Kebencanaan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Peserta Pelatihan Kebencanaan PKKPU. (anisa/kis/pkpu)
Peserta Pelatihan Kebencanaan PKKPU. (anisa/kis/pkpu)

dakwatuna.com – Jakarta.  Indonesia merupakan negara dengan letak geografis dan geologis yang cukup unik dan strategis. Sehingga tidak mengherankan jika dengan letak geografis dan geologis tersebut, Indonesia sangat rentan terhadap terjadinya bencana alam baik berupa gempa, banjir, letusan gunung berapi, kebakaran hutan bahkan bencana tsunami. Berdasarkan laporan earthquake engineering reserch institute disimpulkan bahwa sebagian besar kota di Indonesia memiliki peluang mengalami gempa.

Dampak yang terjadi pasca bencana meliputi semua aspek kehidupan, mulai dari korban jiwa, rusaknya infrastruktur, lumpuhnya perekonomian sampai timbulnya masalah sosial. Untuk dapat meminimalisir dampak yang terjadi, maka manajemen atau penanganan bencana yang baik dan paripurna mutlak diperlukan.

Penanganan yang paripurna ini, meliputi aspek medis maupun non medis. Untuk itu dibutuhkan suatu pelatihan berkesinambungan, baik saat terjadi bencana maupun ketika memasuki masa recovery. Pelatihan yang ada tidak hanya ditujukan bagi segelintir orang, melainkan bagi masyarakat luas agar dapat memberikan banyak manfaat kepada umat manusia melalui sistem penanganan mandiri oleh masyarakat itu sendiri.

Untuk itulah, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU hadir memberikan Pelatihan Kebencanaan untuk mereka yang berminat terjun dalam dunia Relawan, terutama relawan bencana. Acara dilaksanakan selama 3 hari, Jumat (14/11) sampai Minggu (16/11) di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur ini sedikitnya diikuti oleh 85 peserta dari berbagai daerah.

“Pelatihan kebencanaan ini diselenggarakan untuk menciptakan relawan penanggulangan bencana yang professional, siap, siaga dan waspada. Juga untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas dan profesionalisme dalam upaya memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Diantika Kenamon selaku tim Disaster Risk Management PKPU.

Adapun materi pelatihan yang diberikan mengenai konsep relawan, pengenalan dan penanggulangan bencana, meliputi First Aid and Evacuation, Land Navigation, Vertical, Water and Fire Rescue. Selain itu, juga akan diberikan materi pengurangan resiko bencana. Setiap peserta akan langsung melakukan simulasi dan implementasi pada setiap materi yang diberikan.

“Ke depan, para peserta yang ikut dalam acara pelatihan kebencanaan ini akan dinobatkan sebagai Relawan Kemanusiaan Nasional PKPU yang siap membantu dan mengurangi beban serta penderitaan masyarakat yang terkena imbas dari bencana alam,” tutupnya. ( anisa/kis/pkpu/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Tujuh Kompleks Pengungsi Sulteng Diresmikan ACT