Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Presiden Sudan: Ada Israel Di Balik Kesepakatan dengan Milisi di Darfur

Presiden Sudan: Ada Israel Di Balik Kesepakatan dengan Milisi di Darfur

Umar Basyir, Presiden Sudan (asianewslb.com)
Umar Basyir, Presiden Sudan (asianewslb.com)

dakwatuna.com – Khourtum. Presiden Sudan, Umar Al-Basyir menyebut adanya campurtangan Israel berada dibalik kesepakatan yang ditandatangani As-Shadiq Al-Mahdi, ketua partai Umat Nasional-partai oposisi terbesar di Sudan-dengan kelompok bersenjata pada bulan Agustus lalu.

Hal ini disampaikan oleh Basyir dalam acara pertemuan dengan partai-partai Oposisi yang ia undang dalam sebuah acara dialog nasional. Presiden Sudan ini mengatakan, “Kami memiliki informasi valid yang menunjukkan bahwa Israel berada di balik kesepakatan Paris yang ditandatangani Al-Mahdi dengan Front Revolusi.”

Front Revolusi merupakan aliansi yang terdiri dari empat kelompok bersenjata yang memerangi pemerintah di 8 propinsi dari 18 propinsi yang ada di Sudan. 5 diantaranya berada di wilayah Darfur.

Menurut Basyir, kesepakatan Paris merupakan bukti dari langkah upaya menguasai kota Al-Fasyir, kota terbesar di wilayah Darfur, untuk kemudian dideklarasikan sebagai ibukota negara bersamaan dengan pembentukan pemerintahan Transisi yang dipimpin Al-Mahdi.

“Kesepakatan Paris sudah tidak bisa ditolerir, karena itu merupakan bentuk perampasan kekuasaan dengan cara kekerasan,” jelas Basyir. (msy/itd/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization