Catatan dari Afrika, Jejak Awal Sebuah Perjalanan (Bagian ke-5)

Aksi Tim Qurban Afrika 2014 dan Tim Kemanusiaan Afrika 2014 dari PKPU. (Nana Sudiana)

Dari Kenya Menuju Somalia

dakwatuna.com – Pagi buta di hari Senin (6/10) Tim Qurban PKPU Untuk Afrika bergegas meninggalkan KBRI menuju Bandara Jomo Kenyatta International Airport (JKIA), Nairobi. Walau mata masih terasa berat karena semalam hingga hampir jam setengah dua pagi harus begadang menyelesaikan sejumlah report dan mempersiapkan keberangkatan besok paginya, tetap saja langkah kaki harus digerakan menuju bandara. Apalagi, Pak Suryo, staff KBRI telah menanti kami di kantor KBRI untuk mengantarkan kami berangkat ke bandara serta memastikan kami aman dan lancar hingga ke ruang tunggu pesawat yang akan menuju Somalia.

Di tengah terpaan angin dingin yang agak kencang, dengan suhu sekitar 14 derajat celcius, mobil KBRI yang kami tumpangi melaju dengan agak kencang, apalagi jalanan relatif lengang jika dibandingkan dengan kondisi siang hari yang biasanya macet dimana-mana. Di tengah jalan yang lancar dan lengang, ternyata masih saja ada orang yang kecelakaan. Ada sebuah mobil jenis sedan yang melintang di jalan menuju bandara dengan kondisi bagian depan hancur berantakan, terutama di bagian sebelah kanan tempat driver berada. Kami tak tahu bagaimana nasib pengemudinya saat itu karena memang walau sudah hampir jam 5 pagi, suasana jalanan masih diliputi kepakatan malam. Ada beberapa orang yang kemungkinan petugas dan aparat kepolisian yang sedang berusaha untuk melakukan evakuasi terhadap mobil ini agar tidak menghalangi arus kendaraan yang menuju dan keluar dari bandara.

Akhirnya setelah 40 menit perjalanan dari KBRI, mobil yang kami tumpangi sampai bandara. Walau di sana-sini tampak sejumlah aparat keamanan yang berjaga-jaga, bandara ini secara umum terlihat rapi dan bersih. Dibanding dengan bandara Internasional kita di Jakarta, tentu kalah besar tempatnya, namun dari sisi keteraturan tampak sudah cukup baik.

Sesuai jadwal penerbangan kami, tepat jam 06.30 waktu lokal menuju Somalia. Allah beri kemudahan dan kelancaran seluruh rencana yang kami susun dalam rangka distribusi qurban kali ini, khususnya untuk Somalia.

Program Pascasarjana Islamic Business and Finance di Universitas Paramadina, Jakarta. Partnership Director PKPU sejak 2001-sekarang.
Konten Terkait
Disqus Comments Loading...