Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / HRW Tuntut Emirat Terbuka Terkait Penahanan Warga Libya dan Emirat

HRW Tuntut Emirat Terbuka Terkait Penahanan Warga Libya dan Emirat

Pengadilan Dubai (aljazeera.net)
Pengadilan Dubai (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Emirat. Human Rights Watch (organisasi HAM internasional) menuntut Pemerintah Uni Emirat Arab agar membuka informasi terkait hilangnya belasan warga Libya dan enam warga Emirat yang sebelumnya ditahan otoritas terkait Emirat.

Sebagaimana diberitakan Aljazeera (5/10/2014), berbagai proses peradilan yang dilakukan Emirat belakangan ini dinilai HRW tidak sesuai dengan kaidah-kaidah hukum yang semestinya.

Emirat telah melakukan penangkapan warga sipilnya yang dinilai oposisi secara serampangan serta warga asing dan kemudian menyeret mereka ke pengadilan setelah sebelumnya terancam berbagai aksi penyiksaan di dalam penjara.

Wakil Direktur HRW untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Joe Stork, menyebutkan menghilangnya sejumlah warga sipil Emirat dan warga Libya menjadi bukti adanya peningkatan perilaku kesewenang-wenangan dari pemerintah Emirat.

Berdasarkan keterangan keluarga dua orang warga Libya yang tiba-tiba menghilang di Emirat, disebutkan bahwa kedua warga Libya tersebut tidak pernah menghubungi mereka sejak menghilang pada tanggal 28 Agustus 2014 lalu. Sebelumnya Kedubes Libya di Emirat juga telah menyurati Kementerian Luar Negeri Libya meminta klarifikasi penangkapan belasan warga Libya di negara tersebut.

Selain itu, HRW juga merujuk keterangan keluarga dari enam warga sipil Emirat bahwa pemerintah setempat telah menahan anggota keluarga mereka tanpa tuduhan yang jelas sejak 22 September 2014 lalu, dan sejak tanggal tersebut keluarga kehilangan kontak dengan mereka.

Lebih lanjut, HRW meminta pemerintah Libya agar bersikap terbuka dan menginformasikan tempat penahanan warga sipil Emirat dan warga asing tersebut, serta serta mengizinkan mereka untuk berkomunikasi dengan pengacara dan keluarga mereka. (aljazeera/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

PBB: 15 Warga Sipil Tewas dalam Serangan di Hudaydah, Yaman

Figure
Organization