Apakah Sering Sesak Napas Berpengaruh pada Sakit Gigi?

Sakit Gigi (ilustrasi). (senyumku.com)

dakwatuna.com

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wrwb

Dokter Ibnu, saya Ibu rumah tangga usia 38 tahun. Saya mau bertanya, kenapa sakit gigi saya tidak hilang-hilang? Lalu satu persatu gigi saya rapuh, apa penyebabnya sih dokter? Ada yang bilang karena terlalu banyak konsumsi obat antibiotik? Benar tidak? Saya sering minum obat untuk sesak napas… Saya mohon penjelasannya dok, terima kasih atas tanggapannya.

Wassalamu’alaikum wrwb

Safina

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Ibu Safina yang saya hormati,

Hubungan sesak nafas dengan sakit gigi sebenarnya agak panjang. Penelitian saat ini justru gigi berlubang yang cukup besar dengan kategori lubang sudah sampai ke syaraf gigi , bisa menyebabkan ke penyakit jantung.

Gigi dengan lubang besar sudah ada infeksi (kumpulan bakteri) hingga bakteri itu bisa mengalir melalui peredaran darah, dan alirannya pasti melewati jantung.

Ketika jantung bermasalah maka bisa saja membuat sesak nafas. Namun hal ini tetap harus di analisis secara detail di klinik.

Untuk jawaban yang lain, sebaiknya diteliti lebih lanjut di klinik gigi. Agar mendapat keterangan yang lebih akurat.

Demikian jawaban dari saya. Semoga bermanfaat dan semoga Ibu Safina diberi karunia kesembuhan dari Allah.

Wassalamu’alaikum wrwb

 

drg. Ibnu Adrian, MARS.

Kirimkan email pertanyaan ke: ibnuhana.klinikgigi@gmail.com

Dokter gigi, lulusan Universitas Trisakti-Jakarta. Membuka Praktek dokter di Jakarta. Klinik drg. Ibnu dan drg. Hanna berada di Jl. Duren Tiga Selatan, no. 8E. Jakarta Selatan. Telp: 021-362 005 99 HP: 0818 0657 3603
Konten Terkait
Disqus Comments Loading...