Topic
Home / Berita / Daerah / Anggota Dewan: Pilkada Langsung Bisa Jaga Ketenteraman

Anggota Dewan: Pilkada Langsung Bisa Jaga Ketenteraman

(baranews.co)
(baranews.co)

dakwatuna.com – Sukabumi. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Sukabumi, Muslikh Abdussyukur mengatakan pemilihan kepala daerah oleh DPRD akan lebih tenteram dibandingkan dengan dipilih langsung oleh rakyat.

“Baik dipilih langsung oleh rakyat maupun melalui DPRD kedunya mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun jika dipilih langsung oleh rakyat akan terjadi konflik yang lebih panjang. Tetapi, jika dilokalisir di DPRD konfliknya mungkin akan lebih minimal dan rakyat pun akan lebih tenteram,” kata Muslikh kepada Antara, dikutip dari ROL, Sabtu (20/9/14).

Menurut mantan Wali Kota Sukabumi dua periode ini, saat ini memang sudah terasa dampak-dampak pemilihan langsung ini ada beberapa kasus yang belum selesai. Tapi jika dipilih melalui mekanisme di DPRD maka konflik akan lebih mudah diredam, karena bagaimanapun juga DPRD adalah wakil dari suara rakyat.

Seperti seluruh anggota DPRD yang duduk kursi legislatif harus membangun seluruh kepentingan masyarakat, bukan berarti berpihak kepada pemerintah maka berakhir loyalitas terhadap partai. Karena anggota DPRD bisa duduk dilegislatif juga salah satunya karena partai dan partai pun sudah pasti akan memperjuangkan rakyatnya.

“Dengan dipilih kepala daerah oleh DPRD maka konflik horizontal bisa cepat ditanggulangi dan efisiensi anggaran pun bisa terus ditekan dan yang terpenting melalui DPRD juga mewakili suara rakyat,” kata Politisi partai Golkar.

Ia mengatakan dirinya juga sudah pernah merasakan saat menjadi calon kepala daerah baik yang dipilih langsung oleh rakyat maupun DPRD. Ternyata melalui DPRD lebih cepat dan tidak ada konflik yang berkepanjangan.  (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization