Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Mesir Telah Hancurkan 1659 Terowongan Gaza

Mesir Telah Hancurkan 1659 Terowongan Gaza

Penghancuran terowongan (islammemo)
Penghancuran terowongan (islammemo)

dakwatuna.com – Rafah. Juru bicara militer Mesir, Brigjen Muhammad Samir, mengatakan bahwa militer Mesir baru saja menghancurkan 20 terowongan lagi yang menembus perbatasan, dan menghubungkan antara Gaza dan Mesir. Sehingga jumlah terowongan sejenis yang telah dihancur hingga kini mencapai 1659 terowongan.

Seperti diberitakan Memo Islam, Sabtu (9/8/2014), pihak militer Mesir di wilayah perbatasan juga baru saja menangkap 3 orang yang berusaha menyusup ke wilayah Mesir. Mereka adalah warga negara Palestina.

Sejak masa presiden Husni Mubarak, operasi militer dilakukan Mesir untuk menutup dan menghancurkan terowongan-terowongan rahasia tersebut. Hal itu dimulai kembali secara besar-besaran setelah penggulingan Presiden Mursi, 3 Juli 2013 silam.

Sebelumnya, pada tahun 2008, Amerika Serikat memberi bantuan Mesir berupa peralatan pencari terowongan yang bernilai US$ 23 juta (Rp 283 miliar). Termasuk di dalamnya peralatan sensor, mobil yang dikendalikan dari jauh, alat penggali, dan kamera inframerah.

Terowongan penghubung Gaza-Mesir adalah urat nadi bagi kehidupan rakyat Gaza setelah diembargo sejak 8 tahun yang lalu. Melalui terowongan sejenis inilah, Gaza memenuhi kebutuhan makanan, obat-obatan, bahan bakar, dan juga persenjataan. (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization