Topic
Home / Pemuda / Pengetahuan / (Video) Peneliti MIT Temukan Cara Memulihkan Suara dari Video Bisu

(Video) Peneliti MIT Temukan Cara Memulihkan Suara dari Video Bisu

dakwatuna.com – Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat, menemukan cara untuk memulihkan suara dari sebuah video bisu. Dalam sebuah video yang dipublikasikan ke YouTube oleh “Abe Davis’s Research” hari Senin lalu (4/8/2014) diperlihatkan demonstrasi hasil penelitian tersebut.

Pada video itu tampak sebuah objek yang sedang direkam. Pada saat direkam, objek tersebut diberikan suara atau musik tertentu, namun suara tersebut tidak ikut direkam oleh kamera. Ini sebagai skenario untuk menghasilkan sebuah video bisu, dan peneliti akan mencoba memulihkan suara dari video bisu tersebut.

Objek yang direkam dengan kamera berkecepatan tinggi tersebut seolah-olah terlihat seperti objek diam, namun sebenarnya terdapat getaran yang sangat kecil pada permukaan objek tersebut. Getaran tersebut dihasilkan dari gelombang suara yang diterima oleh objek tersebut pada saat direkam. Selanjutnya, getaran itu lalu diekstrak menjadi data.

Lalu data yang diekstrak dari getaran kecil tersebut diolah oleh formula tertentu dengan menggunakan algoritma yang kompleks. Hasilnya adalah sebuah suara yang telah dipulihkan dari “gambar diam” pada rekaman video tersebut. Pola suara yang dihasilkan terbilang mendekati suara aslinya.

Peneliti juga menguji percobaan tersebut dengan menggunakan “kamera konsumer umum” yang “hanya” berkecepatan 60fps. Hasil yang diperoleh berupa pola suara yang masih tergolong mendekati pola suara aslinya.

Penelitian ini menjadikan objek yang ada pada video seolah-olah menjadi seperti “mikrofon visual”, yaitu dapat “merekam” suara yang ada di sekitarnya.

Penelitian tersebut dipublikasikan dalam sebuah halaman web berjudul “The Visual Microphone: Passive Recovery of Sound from Video” pada alamat URL people.csail.mit.edu/mrub/VisualMic. (dakwatuna/hdn)eb

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

[Video] Dolar Amerika Dirobek dan Dibuang Warga Turki

Figure
Organization