Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / 40 Anak dari Kelompok Minoritas Tewas di Irak

40 Anak dari Kelompok Minoritas Tewas di Irak

Sinjar (forecast.com)
Sinjar (forecast.com)

dakwatuna.com – Baghdad. Badan PBB untuk anak-anak (UNICEF), Selasa (5/8/2014) hari ini, mengumumkan meninggalnya sekitar 40 anak-anak dari kalangan minoritas Yazidi setelah terjadinya serangan pasukan organisasi Negara Islam di Irak dan Syam (ISIS) di kota Sinjar, Irak bagian utara.

Menurut keterangan UNICEF, anak-anak tersebut meninggal akibat aksi-aksi kekerasan, penelantaran, dan kekeringan selama dua hari terakhir. Karena Ahad sebelumnya, pasukan ISIS menyerang dan menguasai kota Sinjar yang merupakan pusat keberadaan kelompok minoritas Yazidi. Selain itu puluhan ribu penduduknya pun mengungsi keluar dari kota.

Yazidi adalah agama tersendiri yang sejarah dan asal muasalnya berawal dari 4 ribu tahun yang lalu. Agama etnik kurdi ini masih terhubung dengan Zoroastrianisme. Karena itulah, mereka sering menjadi sasaran serangan.

Adapun kota SInjar, saat ini berpenduduk sekitar 300 ribu jiwa. Kota ini jatuh ke dalam kekuasaan ISIS setelah berhasil menguasai kota Mosul, 10 Juni yang lalu, termasuk kota-kota lain di bagian utara, tengah, dan barat Irak.

Saat ini, terdapat 25 ribu anak-anak bersama keluarga mereka mengungsi di daerah-daerah pegunungan di sekitar Sinjar. Mereka sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan, termasuk di antaranya air, makanan, dan kebutuhan pokok lainnya. (msa/dakwatuna/elaph)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Koalisi AS Gempur Benteng Terakhir ISIS di Suriah

Figure
Organization