Topic
Home / Berita / Daerah / Masyarakat NTB Himpun Dana Rp 950 juta Melalui One Day One Thousand Rupiah For Free Palestina

Masyarakat NTB Himpun Dana Rp 950 juta Melalui One Day One Thousand Rupiah For Free Palestina

Pesawat tempur Israel terus hujani Gaza dengan rudalnya (islammemo.cc)
Pesawat tempur Israel terus hujani Gaza dengan rudalnya (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Mataram. Komite Nasional Rakyat untuk Palestina sudah menghimpun dana lebih dari Rp950 juta dari berbagai lapisan masyarakat di Nusa Tenggara Barat dalam sebulan terakhir dan akan disumbangkan untuk rakyat Palestina yang sedang ditindas oleh Israel.

“Dana yang terhimpun sudah mendekati Rp1 miliar, dan beberapa hari lalu sudah dikirim ke Gaza sebesar Rp107 juta melalui salah seorang ulama dari Palestina yang datang langsung ke Nusa Tenggara Barat,” kata Bendahara Komite Nasional Rakyat untuk Palestina (KNRP) wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) Syawaludin, di Mataram, Senin.

Ia mengatakan, penghimpunan dana untuk membantu meringankan beban rakyat Palestina yang ditindas Israel dilakukan sejak sebelum pecahnya perang beberapa waktu lalu yang sudah menewaskan hampir 2.000 warga Palestina tak berdosa.

Bahkan, lanjut Syawaludin, momen perayaan “Lebaran Topat” atau Lebaran Ketupat yang dirayakan umat muslim di Pulau Lombok sejak Senin pagi, dijadikan sebagai ajang untuk menggalang dana dari umat.

“Kami mendirikan posko penggalangan dana di enam titik yang tersebar di Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram. Tapi ada juga yang bergerak di kawasan wisata di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur, serta Kabupaten Lombok Utara. Dana yang terhimpun khusus hari ini sekitar Rp18 juta,” ujarnya.

Selain menggalang dana secara terbuka, kata dia, pihaknya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik muslim maupun non-muslim untuk menyisihkan uang sebesar Rp1.000 per hari.

KRNP mengajak seluruh masyarakat untuk menunjukkan rasa solidaritasnya terhadap rakyat Palestina karena masalah tersebut merupakan isu kemanusiaan.

“Jadi kami membuat semacam ajakan yang kami sebut one day one thousand Rupiah for free Palestina,” kata Syawaludin.

Pihaknya juga saat ini tengah mempersiapkan konser amal di Kota Mataram, sebagai rangkaian dari konser jilid delapan di tujuh kota yang diinisiasi oleh KNRP untuk menggalang dukungan dana bagi rakyat Palestina.

“Rencananya konser itu akan digelar di Kota Mataram, pada Desember 2014. Jadi masih panjang waktunya, tapi kami sudah mempersiapkannya dari sekarang,” ucapnya.

Dana yang sudah dihimpun dari warga NTB akan dikirim ke Palestina melalui pengurus KNRP Pusat yang akan berkoordinasi dengan Lembaga Internasional untuk Palestina yang berkantor di Turki.

KNRP adalah salah satu lembaga kemanusiaan yang peduli terhadap permasalahan masjid Al-Aqsha dan isu kemanusiaan di Palestina.

Organisasi ini berdiri sejak Mei 2006 dan telah banyak menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial dan seni untuk menggalang dana dan opini demi menjadi solusi bagi permasalahan di Palestina. (antara/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization