Topic
Home / Berita / Nasional / Pernyataan Quraish Shihab bahwa Rasulullah tak Dijamin Masuk Surga Menuai Protes

Pernyataan Quraish Shihab bahwa Rasulullah tak Dijamin Masuk Surga Menuai Protes

Pakar Hadits Quraish Shihab . (Youtube)
Pakar Hadits Quraish Shihab . (Youtube)

dakwatuna.com – Jakarta.  Tayangan Tafsir Al-Misbah yang dibawakan Quraish Shihab di Metro TV pada Sabtu (12/7/14) menunai kontroversi. Itu setelah pakar hadits terkemuka tersebut menyinggung bahwa Nabi Muhammad Saw. tidak mendapat jaminan tempat di surga.

Pernyataan itu dikeluarkan alumnus Universitas Al Azhar Kairo itu ketika ditanya sang pembaca acara bahwa Rasulullah adalah manusia mulia yang dijamin masuk surga.

Berikut kutipan dialog tersebut:

Tidak benar. Saya ulangi tidak benar bahwa Nabi Muhammad mendapat jaminan Surga. Surga itu hak prerogatif Allah. Memang kita yakin bahwa Beliau mulia. Mengapa saya katakan begitu? Karena ada seorang sahabat Nabi dikenal orang, terus teman-teman di sekitarnya berkata, ‘bahagialah Engkau akan mendapat surga’. Kemudian Nabi dengar, siapa yang bilang begitu, Nabi berkata, tidak seorang pun orang masuk surga karena amalnya, dia berkata baik amalnya akan masuk surga, surga adalah hak prerogatif Tuhan,” ujar Quraish Shihab.

Dia melanjutkan, “Kalau ditanya, kamu pun tidak wahai Muhammad? Kecuali kalau Allah menganugerahkan rahmat kepada saya. Jadi kita berkata, kita berkata dalam konteks surga dan neraka tidak ada yang dijamin Tuhan, kecuali kita katakan bahwa Tuhan menulis di dalam kitab sucinya bahwa yang taat itu akan dapat surga. Ada ayatnya,” tambahnya.

Penjelasan mantan menteri agama tersebut sempat ramai dibicarakan di lini masa. Salah satu akun Twitter, @jonru termasuk yang mempermasalahkannya. Selain mempertanyakan dalil Quraish Shihab, sang pemilik akun juga menyinggung bahwa ulama kondang tersebut juga seorang penganut Syiah.

“Aneh karena banyak orang yang mengira bahwa saya merupakan orang pertama yg mengatakan Quraish Shihab itu syiah. Hehehe… ke mane aje loe?” kicaunya.

Berikut Link di Youtube http://www.youtube.com/watch?v=wCs4hXUWoKk

(ROL/sbb/dakeatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Empat Ciri Wanita Penghuni Surga

Figure
Organization