Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Sebulan Berkuasa, Rezim As-Sisi Naikkan Tarif Listrik dan BBM

Sebulan Berkuasa, Rezim As-Sisi Naikkan Tarif Listrik dan BBM

Suasana salah satu pom bensin di Mesir (islammemo.cc)
Suasana salah satu pom bensin di Mesir (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Mesir. Baru sebulan berkuasa sejak dilantik pada 8 Juni 2014 lalu, rezim tangan besi Abdul Fatah As-Sisi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) yang akan diberlakukan sejak pertengahan malam ini (5/7/2014) waktu setempat Mesir.

Daftar kenaikan harga BBM tersebut sebagai berikut: harga bensin tipe 92 naik dari 1,85 menjadi 2,60 Egyptian Pound (EGP) atau naik 40%.

Bensin tipe 80 (premium) naik dari 0,90 menjadi 1,80 EGP atau naik 78%. Harga solar naik dari 1,10 menjadi 1,80 EGP atau naik 63%.

Kenaikan harga BBM merupakan langkah kedua pemerintahan As-Sisi setelah sebelumnya menaikkan tarif penggunaan listrik, yang disebutkan sebagai langkah menekan defisit APBN Mesir di tengah buruknya situasi politik dan ekonomi akibat kudeta di negara tersebut.

Organisasi perlindungan konsumen mengecam langkah As-Sisi tersebut karena menyebabkan kenaikan harga barang 200% yang pada gilirannya menambah beban kehidupan rakyat miskin di negara tersebut yang diperkirakan mencapai 40% dari jumlah penduduk. (islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization