Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / AK Parti Umumkan Calon Pekan Depan, Oposisi Calonkan Lulusan Al-Azhar

AK Parti Umumkan Calon Pekan Depan, Oposisi Calonkan Lulusan Al-Azhar

Ekmeleddin İhsanoğlu (al-jazirahonline.com)
Ekmeleddin İhsanoğlu (al-jazirahonline.com)

dakwatuna.com – Ankara. Partai berkuasa di Turki, Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Parti), akan mengumumkan calon yang diajukan dalam pemilihan presiden pada hari Selasa pekan depan.

Hal ini dinyatakan sekjen AK Parti, Haluk Ipek, sesaat sebelum dibukanya pertemuan faksi AK Parti di parlemen Turki. Menurutnya, pengumuman calon presiden akan diumumkan pada hari Selasa (1/7/2014) pekan depan, tepat pada pukul 11.30. pengumuman akan bertempat di kantor kamar dagang Turki.

Sementara itu, dua partai oposisi, yaitu Republic People’s Party (RPP) dan Nationalist Movement Party (NMP), mengumumkan telah sepakat mencalonkan Ekmeleddin İhsanoğlu. Beliau adalah mantan sekjen Organisasi Kerjasama Islam (OKI) selama sembilan tahun.

Tokoh lulusan Universitas Al-Azhar, dan dikategorikan seorang tokoh Islam, dinilai banyak kalangan akan bisa menyaingi Recep Tayyib Erdogan (perdana menteri sekarang) jika memang dicalonkan pada pengumuman Selasa mendatang. Tidak hanya AK Parti yang diyakini kaget dengan pencalonan ini, dalam kalangan internal kedua partai pengusung juga terjadi aksi protes karena İhsanoğlu adalah seorang tokoh Islam, bukan sekular. (msa/dakwatuna/anadolu/ alwasatnews)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization