Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Presiden Tunisia Ungkap Sebab Dirinya Tak Hadiri Pelantikan As-Sisi

Presiden Tunisia Ungkap Sebab Dirinya Tak Hadiri Pelantikan As-Sisi

munshif al-marzuqidakwatuna.com – Tunis. Presiden Tunisia, Munshif Al-Marzuqi, mengungkapkan sebab dirinya tidak menghadiri acara pelantikan presiden kudeta Mesir, Abdul Fattah As-Sisi. Menurutnya, hal itu disebabkan kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Mesir. Seandainya saja Mesir bersedia memproses pelanggaran HAM, dirinya sangat bersedia untuk hadir.

Seperti dilansir Rassd, Rabu (11/6/2014), Tunisia hanya mengirimkan menteri luar negerinya. Al-Marzuqi menyebutkan sebab hal itu, “Tunisia tidak harus diwakili oleh presidennya. Terkait terpilihnya As-Sisi sebagai presiden, Tunisia tidak akan mengintervensi pilihan rakyat Mesir. Tapi kami adalah bangsa yang memiliki norma dan nilai, memiliki kemerdekaan untuk menentukan. Kami sangat berharap rakyat Mesir berhasil mendapatkan jalan politik untuk menyelesaikan permasalahan mereka.”

Al-Maruqi juga sangat berharap eksekusi hukuman mati terhadap 600 orang penentang kudeta batal dilaksanakan. Hal ini, menurutnya sebagai aktivis HAM, adalah sangat penting. Terutama bagi nama baik Mesir dan bagaimana dunia memandangnya. “Aku bisa saja melakukan kunjungan ke Mesir dalam pemerintahan As-Sisi, tapi hal itu tergantung pada sikapnya terhadap hukuman mati itu.” (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization