Topic
Home / Dasar-Dasar Islam / Aqidah / Al-Madzahib al-Islamiyah (Bagian ke-1): Definisi Madzhab dan Madzhab-madzhab dalam Islam

Al-Madzahib al-Islamiyah (Bagian ke-1): Definisi Madzhab dan Madzhab-madzhab dalam Islam

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com 

I. Mukadimah                                                                                      

“Dan seandainya Tuhanmu mau, niscaya Dia jadikan manusia itu umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berselisih, kecuali yang dirahmati Tuhanmu.” (QS. Hud: 118-119)

Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata, “Allah mengabarkan bahwa Dia mampu menjadikan manusia seluruhnya satu umat, baik dalam keimanan atau kekufuran, sebagaimana firman-Nya yang lain, ‘Seandainya Tuhanmu menghendaki niscaya berimanlah semua manusia di bumi.’ Lalu firman-Nya, ‘Tetapi mereka senantiasa berselisih, kecuali yang dirahmati Tuhanmu.’ Artinya, perbedaan akan senantiasa terjadi antara manusia. Baik tentang agama, keyakinan, millah, madzhab, dan pendapat-pendapat mereka. Berkata Ikrimah, ‘Mereka berbeda dalam petunjuk’. Berkata Hasan al-Bashri, ‘Mereka berbeda dalam hal jatah rezeki, saling memberikan upah satu sama lain.’ Menurut Masyhur, dan benar adalah pendapat pertama (Ikrimah).” (Imam Ibnu Katsir, Tafsir al Quran al-‘Azhim, II/465). Imam Hasan al-Bashri Radhiyallahu ‘anhu mengatakan, Allah menciptakan manusia untuk berbeda. Ibnu Abbas dan Thawus bin Kaisan radhiallahu ‘anhuma mengatakan untuk rahmatlah mereka diciptakan (Ibid).

II. Definisi

Secara bahasa (etimologi), madzhab  (المذهب) berasal dari kata ذهب –  يذهب    yang berarti pergi. Jamaknya adalah madzahib ( المذاهب) yang berarti at thariiqah (metode, jalan, cara), al mu’taqad (sesuatu yang diyakini), dan  al Ashlu (landasan, dasar). (ِAl Munjid fil Lughah wal A’lam, hal. 240)

Secara istilah (terminologi), madzhab adalah sebuah aliran pemikiran tentang sesuatu, yang metodologi dan konsep dasar pemikirannya telah baku dibuat oleh pendirinya, lalu manusia mengacu padanya. Tadinya, madzhab hanya seputar aqidah dan fiqih. Namun belakangan juga terjadi pada ekonomi, politik, seni, dan lain-lain.

III. Madzhab-madzhab dalam Islam

Dalam kajian Islam, istilah madzhab digunakan untuk menyebutkan golongan pemikiran dalam aqidah dan fiqih. Adapun dalam tasawwuf, manusia tidak menyebutnya madzhab, melainkan tarekat (thariqah). Yakni sebuah metode untuk mendekatkan diri kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Kali ini, akan kita bahas tentang madzhab-madzhab dalam bidang akidah. Insya Allah Ta’ala, pada kesempatan lain akan kita bahas pula madzhab dalam bidang fiqih.

(Insya Allah) Bersambung…

Redaktur: Pirman

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Lahir di Jakarta, Juni 1978. Alumni S1 Sastra Arab UI Depok (1996 - 2000). Pengajar di Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri sejak tahun 1999, dan seorang muballigh. Juga pengisi majelis ta'lim di beberapa masjid, dan perkantoran. Pernah juga tugas dakwah di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, selama dua tahun. Tinggal di Depok, Jawa Barat.

Lihat Juga

Anggota DPR AS: Trump Picu Kebencian pada Islam di Amerika

Figure
Organization