Topic
Home / Berita / Nasional / Peduli Laut Indonesia, PT. SGS dan PKPU Tanam 4000 Bibit Mangrove

Peduli Laut Indonesia, PT. SGS dan PKPU Tanam 4000 Bibit Mangrove

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
PKPU dan PT. SGS Indonesia menanam 4000 bibit mangrove di kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. (apn/pkpu)
PKPU dan PT. SGS Indonesia menanam 4000 bibit mangrove di kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. (apn/pkpu)

dakwatuna.com – Jakarta. PT. SGS Indonesia dan Lembaga Kemanusiaan Nasional (PKPU) kembali berkomitmen untuk menanam 4000 bibit mangrove di kawasan Elang Laut, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kegiatan yang akan berlangsung pada hari Sabtu (7/6)ini merupakan rangkaian dari kegiatan penanaman 10.000 bibit mangrove. Sebelumnya, telah dilakukan penanaman sebanyak 3000 bibit mangrove pada tahun 2012.

Luas hutan mangrove makin menurun, hal ini disebabkan oleh pembangunan daerah pesisir, eksploitasi dan perluasan pembangunan tambak. Daerah pesisir pantai merupakan daerah yang sangat rentan terkena imbas dari global warming. Dampaknya cukup bervariasi, salah satu diantaranya adalah naiknya permukaan air laut yang dapat berakibat pada banjir rob.

Untuk merehabilitasi kawasan pesisir, tepatnya daerah bekas tambak yang tergenang air cukup dalam, maka pada kegiatan penanaman mangrove kali ini akan ditanam dengan teknik “guludan”. Penanaman mangrove dengan teknik “guludan” menjadi solusi terbaik bagi kawasan PIK yang memang daerah rawan banjir. Terdapat 200 bibit yang akan ditanam dengan metode guludan dan selebihnya akan ditanam dengan cara ditanam biasa.

Kegiatan ini tidak hanya fokus pada penanaman bibit saja, tapi jugaprogram pelestarian mangrove secara holistic melalui penanaman dan rehabilitasi mangrove, serta edukasi terpadu terkait peran mangrove terhadap kualitas lingkungan dan pemanfaatan biodeversitas mangrove. Sebagai perusahaan yang konsern terhadap isu lingkungan,PT. SGS Indonesia berkomitmen untuk selalu berkesinambungan dalam pemberdayaan terutama untuk kawasan penanaman mangrove, khususnya untuk kawasan Elang Laut. Agar bisa berkesinambungan untuk menyelamatkan laut Indonesia.

Untuk melestarikan hasil penanaman ini maka dilakukan pemeliharaan selama satutahun kedepan, bekerjasama dengan penanggung jawab kawasan Elang Laut. “Ini menjadi komitmen dari PT. SGS Indonesia dan PKPU untuk terus mengembangkan kawasan mangrove agar lebih terjaga dan dapat berfungsi optimal dalam perlindungan pesisir Jakarta,”ujar Sukismo, Humas PKPU dalam konferensi persnya.(apn/kis/pkpu/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue

Figure
Organization