Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Kesehatan / Bagaimana Penanganan Gigi Taring yang Tumbuh Tidak Normal?

Bagaimana Penanganan Gigi Taring yang Tumbuh Tidak Normal?

Gigi yang tumbuh tidak normal (ilustrasi).  (tribunnews.com)
Gigi yang tumbuh tidak normal (ilustrasi). (tribunnews.com)

dakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wr.wb

Pak Dokter Ibnu, saya ibu muda dengan usia 29 tahun. Dua gigi taring saya belum tumbuh normal : yang kiri tumbuh ke arah depan menembus gusi depan, dan yang kanan belum keluar (hasil rontgen gigi taring sudah ada/terlihat di dalam gusi tapi belum tumbuh keluar).

Sekarang ini saya sudah pakai behel, tapi berpindah dokter karena pindah kota.
Dokter pertama menyarankan agar 2 taring tersebut dikeluarkan semua, mengingat gigi taring sangat penting untuk mengunyah.

Tapi dokter ke dua menyarankan agar operasi bedah semua, karena gigi-gigi yang lain sudah besar-besar. Bagaimana dengan pendapat dokter?

Jazakumullah khoir. Wassalaamu’alaikum wrwb

Esthi

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Ibu Esthi yang saya hormati, sebaiknya memang diperiksa lebih lanjut di klinik gigi. Hingga analisa tidak meleset. Namun dari sedikit keterangan yang ibu sampaikan, maka saya coba untuk memberikan analisa.

Ibu Esthi, jika foto rontgen gigi taring atas arah nya vertikal, maka bila di pasang kawat gigi ada kemungkinan gigi tersebut bisa turun atau keluar dengan sendirinya.

Jika posisi gigi taring tersebut horizontal dan sudah tidak ada ruang lagi sebaiknya di operasi untuk melakukan pengambilan gigi taring tersebut.

Namun secara keseluruhan kasus ini bergantung dari foto rontgen tersebut, karena sebenarnya gigi taring itu adalah gigi estetik. Sebaiknya dipertahankan. Untuk itulah harus di analisa secara akurat di klinik gigi.

Demikian penjelasan saya. Semoga ada manfaatnya.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

drg. Ibnu Adrian, MARS.

Kirimkan email pertanyaan ke: [email protected]

(sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Dokter gigi, lulusan Universitas Trisakti-Jakarta. Membuka Praktek dokter di Jakarta. Klinik drg. Ibnu dan drg. Hanna berada di Jl. Duren Tiga Selatan, no. 8E. Jakarta Selatan. Telp: 021-362 005 99 HP: 0818 0657 3603

Lihat Juga

Menlu Turki: Kami Berupaya Keras Perbaiki Situasi di Suriah dan Irak

Figure
Organization