Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Survei Pilpres Mesir: Hanya 10% Pemilih yang Datang ke TPS

Survei Pilpres Mesir: Hanya 10% Pemilih yang Datang ke TPS

Sepinya suasana pemungutan suara di salah satu TPS (islammemo.cc)
Sepinya suasana pemungutan suara di salah satu TPS (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Mesir. Lembaga survei Mesir, Pusat Studi Media dan Opini Publik (Markaz Takamul Li Dirasat Al-I’lam wa Ar-Ra’yil ‘Am), menyebutkan bahwa, berdasarkan hasil survei pihaknya, hanya 10% pemilih warga Mesir yang datang dan memberikan suaranya dalam Pilpres Kudeta.

Sementara itu, 41% memilih untuk memboikot dan 49% warga Mesir lainnya tidak peduli dengan pelaksanaan pemilu.

Disebutkan juga bahwa dari 10% pemilih yang (akan) datang ke TPS tersebut, 48%-nya adalah warga Kristen Koptik, 32% menginginkan kembalinya rezim Mubarak, 5% pendukung parpol-parpol kiri dan liberal, serta 3% pendukung Partai Salafi An-Nur.

Ketua lembaga survei tersebut, Mustafa Khudri, menyatakan bahwa survei dilakukan terhadap calon-calon pemilih yang diambil secara random pada periode 17-22 Mei 2014, atau sekitar satu minggu sebelum pemungutan suara.

Survei dilakukan dengan wawancara langsung dengan responden, yang dilakukan peneliti dan relawan pada Pusat Studi Media dan Opini Publik, dengan mengklasifikasikan responden berdasarkan jenis kelamin, agama, tempat tinggal, umur, pendidikan, dan pekerjaan.

Patut dicatat terkait pemungutan suara hari kedua di Mesir (27/5), pemerintah kudeta Mesir memutuskan untuk menjadikannya sebagai hari libur resmi bagi pekerja dan pegawai pemerintahan.

Para pengamat memandang langkah itu untuk memobilisasi keluarga tentara dan polisi ke TPS mengingat rendahnya partisipasi pemilih dalam pilpres ‘abal-abal’ tersebut. (islammemo/rem/dakwatuna)

Suasana pilpres Mesir 2012 (perbandingan)
Suasana pilpres Mesir 2012 (perbandingan)
Pilpres Mesir 2012 yang dimenangkan Dr. Muhammad Mursi
Pilpres Mesir 2012 yang dimenangkan Dr. Mursi

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Pemilu Turki; Erdogan ‘Digdaya’ Menurut Hasil Survei

Figure
Organization