Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Kesehatan / Bagaimana Cara Sikat Gigi Yang Baik?

Bagaimana Cara Sikat Gigi Yang Baik?

Menyikat Gigi (ilustrasi) - Foto: jpnn.com)
Menyikat Gigi (ilustrasi) – Foto: jpnn.com)

dakwatuna.com

 

Pertanyaan :

Pak Dr. Ibnu, Bagaimana cara sikat gigi yang baik ? Saya ingin menjaga dan merawat gigi sejak dini. Hingga kelak di hari tua gigi saya tetap sehat.

Demikian pertanyaannya. Terima kasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Sulaiman

 

Jawaban :

Pak Sulaiman yang saya hormati, untuk merawat gigi dengan baik yang perlu kita perhatikan adalah memilih waktu yang tepat dan caranya. Waktu sikta gigi yang tepat adalah 30 menit setelah makan pagi dan malam sebelum tidur. Itu yang utama. Jika ingin di tambah siang, maka setelah makan siang bisa ditambahkan.

Cara yang tepat untuk sikat gigi adalah tergantung kondisi gigi. Arahkan bulu sikat gigi 45 derajat ke arah servikal gigi. Servikal gigi adalah batas antara gigi dengan akar gigi. Jadi tidak sampai ke gusi.

Gigi yang atas lakukan gerakan dari atas ke bawah. Gigi yang bawah dari bawah ke atas. Untuk permukaan atas ( Oklusal ) gigi graham ( molar ) dan premolar ( gigi graham kecil ) cara menyikatnya dengan gerakan maju mundur.

Demikian jawaban singkat dari saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassalaamu’alaikum wrwb

 

drg. Ibnu Adrian, MARS.

Kirimkan email pertanyaan ke: [email protected]

(sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Dokter gigi, lulusan Universitas Trisakti-Jakarta. Membuka Praktek dokter di Jakarta. Klinik drg. Ibnu dan drg. Hanna berada di Jl. Duren Tiga Selatan, no. 8E. Jakarta Selatan. Telp: 021-362 005 99 HP: 0818 0657 3603

Lihat Juga

Muhasabah, Kebaikan untuk Negeri

Figure
Organization