Menjadi Pemimpin Penggerak: Besipun Berproses untuk Menjadi Magnet

Ilustrasi. (healthcareprofessionalmarketing.com)

dakwatuna.com – Pernahkah kita menggunakan magnet dalam kehidupan sehari-hari? Magnet seperti yang kita kenal memiliki kekuatan untuk menarik benda-benda yang terbuat dari besi dan semacamnya. Seolah-olah, dalam diri magnet ada daya tarik yang bisa menggerakkan benda lain. Inilah kelebihan yang dimiliki oleh magnet. Ia memiliki kemampuan bisa menggerakkan dan memiliki daya tarik untuk benda-benda feromagnetik di sekitarnya. Benda feromagnetik adalah benda yang bisa ditarik dengan kuat oleh magnet. Seperti benda-benda berbahan dasar besi dan beberapa logam lainnya.

Berbicara soal magnet bisa menarik dan menggerakkan benda-benda sekitar, tak berbeda dengan fungsi seorang pemimpin. Pemimpin adalah sosok yang bisa menarik dan menggerakkan orang-orang yang ia pimpin. Pemimpin tak akan berhasil jika tak bisa menggerakkan orang-orang yang dipimpinnya. Logikannya seperti ini, kalau kita ingin membawa organisasi ataupun lembaga yang kita pimpin untuk maju, namun anggota kita acuh dan tak ada yang peduli, maka program ataupun kegiatan-kegiatan yang kita lakukan tak akan didukung oleh mereka. Mungkin, program hanya terhenti pada pekerjaan-pekerjaan sebagian elemen yang peduli saja dengan arahan kita.

Hal ini wajar karena anggota kita tak peduli dan tak tertarik dengan arahan kita. Sehingga sudah selayaknya, pemimpin harus memiliki kekuatan untuk menarik dan bisa mengakselerasikan segala potensi anggotannya untuk mencapai misi dan visi organisasi ataupun lembaga yang ia pimpin.

Permasalahan yang muncul adalah, bagaimana kita bisa menjadi seorang pemimpin yang bisa menarik rakyatnya dan menggerakkan mereka untuk bersinergi mencapai tujuan. Dalam konteks ini, kita bisa belajar dari sebuah besi (bahan dasar magnet) dalam berproses menjadi sebuah magnet. Tentu, untuk memiliki kemampuan bisa menarik dan menggerakkan benda-benda di sekelilingnya bukanlah hal yang mudah dan instant bagi sebuah magnet. Besi sebagai bahan dasar magnet, menempuh proses yang panjang untuk bisa menjadi sebuah magnet yang bisa menarik benda-benda lainnya.

Kalau kita mempelajari lebih dalam, ada 3 cara untuk membuat besi menjadi bersifat sebagai magnet.

1. Membuat Magnet dengan Cara Menggosok

Caranya besi digosok dengan salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan dibuat searah agar magnet elementer yang terdapat pada besi letaknya menjadi teratur dan mengarah ke satu arah.

2. Membuat Magnet dengan Cara Induksi

Besi dan baja dapat dijadikan magnet dengan cara induksi magnet. Besi dan baja diletakkan di dekat magnet tetap. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh atau terinduksi magnet tetap yang menyebabkan letaknya teratur dan mengarah ke satu arah.

3. Membuat Magnet dengan Cara Arus Listrik

Selain dengan cara induksi, besi dan baja dapat dijadikan magnet dengan arus listrik. Besi dan baja dililiti kawat yang dihubungkan dengan baterai. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh aliran arus searah (DC) yang dihasilkan baterai.

Dari ketiga metode diatas, sebenarnya bisa kita ambil hikmah. Bahwa untuk berproses menjadi sebuah magnet, ada beberapa hal yang harus dilalui. Diantarannya adalah sebuah besi harus dekat dengan besi yang sudah memiliki kekuatan magnet. Filosofi yang terbangun sebagai seorang pemimpin adalah kita harus berani dekat dan mendekat kepada orang-orang yang kita pimpin.

Sebagai seorang pemimpin, harus mau untuk turun tangan dan terjun ke lapangan untuk merasakan kondisi yang dirasakan orang yang dipimpinnya. Dari sinilah seorang pemimpin akan mengetahui apa yang dibutuhkan rakyatnya, kemudian akan dicarikan pemecahannya.  Secara kultural dan emosional, kedekatan antara rakyat dan pemimpin akan erat. Tak kan ada lagi batas penyekat di antara mereka.

Inilah salah satu indikasi awal. Di kemudian hari, rakyat akan mudah digerakkan bahkan senang diajak bekerjasama. Karena pemimpin merekapun mau memahami, mencarikan dan mengusahakan solusi terhadap apa yang mereka butuhkan.

Kemudian, hal kedua yang bisa kita  teladani untuk menjadi seorang pemimpin yang baik dari proses besi menjadi magnet adalah konsisten terhadap apa yang ia yakini. Sebuah besi akan menjadi magnet jika dalam prosesnya dilakukan dengan searah secara terus menerus. Baik untuk proses pembuatan menggosok maupun dengan dialiri arus listrik. Dalam pembuatannya, besi harus digosok secara secara searah agar bisa membentuk sebuah magnet. Begitupun yang melalui arus listrik, arus listrik yang digunakan haruslah jenis DC atau arus searah tentu dilakukan secara terus menerus pula.

Dari proses ini, kita bisa belajar bahwa untuk menjadi seorang yang memiliki arti di tengah masyarakat luas yang bisa menarik dan menggerakkan masyarakat diperluakan sikap konsisten dalam hidupnya. Jangan sampai sebagai seorang pemimpin penggerak kita mudah terombang-ambing pada suatu kondisi. Hal ini membahayakan karena pengikut kita akan bingung untuk mengikuti kita. Inkonsistensi inilah yang harus senantiasa kita hindari baik secara sikap maupun tindakan. Apalagi, sebagai seorang pemimpin yang memiliki banyak pengikut.

Akhirnya, untuk menjadi seorang pemimpin yang bisa menarik dan menggerakkan kita perlu  belajar pada proses pembuatan besi menjadi magnet. Berani dekat dengan orang yang ia pimpin dan konsisten dalam sikap maupun tindakan. Insya Allah, jika kedua sikap ini senantiasa dipegang oleh seorang pemimpin, maka ia akan bisa menarik dan menggerakkan rakyatnya ataupun orang yang ia pimpin ibarat seorang magnet yang menggerakkan dan menarik besi-besik di sekitarnya.

Konten ini telah dimodifikasi pada 09/05/14 | 11:40 11:40

Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Korea Selatan Periode 2017-2018. Ketua Indonesian Muslim Student Society in Korea Periode 2016-2017. Lulusan master di Computer Science and Engineering Seoul National University, pernah menjadi Researcher Assistant di Sungkyunkwan University, Korea. Suka traveling, menulis, coding, dan blogging. Memiliki semboyan, beraksilah niscaya Allah akan mereaksikan ikhtiarmu!
Konten Terkait
Disqus Comments Loading...