Topic
Home / Berita / Nasional / Integrasi dan Standardisasi, Kunci untuk Meningkatkan Sukuk Global

Integrasi dan Standardisasi, Kunci untuk Meningkatkan Sukuk Global

Surat Berharga Syariah Negara (SUKUK) - Inet
Surat Berharga Syariah Negara (SUKUK) – Inet

dakwatuna.com – Pasar Sukuk global saat ini lebih terlihat beroperasi sebagai kumpulan pasar regional atau lokal. Gagasan ini diuraikan dalam sebuah laporan yang dirilis oleh S & P berjudul, “Meskipun Pemain Aspirasi Global, Kurangnya Integrasi Membuat Penerbitan Sukuk Menjadi Peristiwa Lokal”.

Menurut S & P, selama 10 tahun terakhir, penerbitan Sukuk lokal di Malaysia dan negara-negara GCC telah menjadi bahan bakar pertumbuhan yang mengesankan bagi Sukuk domestik. Namun, dari 117 USD Miliar Sukuk yang diterbitkan pada tahun 2013, hanya 16% yang disebut “internasional” (terdaftar di bursa utama dan umumnya dikeluarkan dalam mata uang dolar AS).

Berdasarkan perkiraan S & P, sejak tahun 2001 hanya 20 emisi Sukuk internasional dibuat dari emiten yang berkedudukan di luar negara-negara tersebut, yang berjumlah sekitar US $ 10 miliar. Untuk tahun 2013, emiten selain dua pasar inti ini hanya berkontribusi sebesar 3,8 miliar USD dari 18,8 USD miliar di pasar Sukuk internasional.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Islamic Finance News, Mohamed Damak, analis kredit di S & P menunjukkan faktor yang berkontribusi terhadap popularitas penerbitan Sukuk domestik. “Struktur pasar dan fakta bahwa sejumlah penerbitan besar sukuk di Malaysia dilakukan oleh bank sentral (50 USD miliar pada tahun 2013. Pada 2007-2008, emiten dari Malaysia berkontribusi kurang dari 50% dari penerbitan sukuk pada tahun 2013,”kata Damak.

Selain itu, Damak menjelaskan bahwa likuiditas mata uang lokal yang tinggi di beberapa pasar dan permintaan yang tinggi terhadap Sukuk di daerah seperti di GCC juga merupakan alasan mengapa emiten beralih ke pasar Sukuk lokal.

Beban premi untuk penerbitan Sukuk internasional tidak menghalangi emiten datang ke pasar. Namun, tingkat kejelasan yang lebih tinggi dan standardisasi dalam hal dokumentasi dan mekanisme resolusi yang standar dapat membantu dalam menurunkan biaya penerbitan dan mengurangi imbal hasil ke tingkat yang sebanding dengan obligasi konvensional.

“Kami berpikir bahwa setelah kemunduran tahun lalu, dengan volume Sukuk menurun sebesar 13%, kami mengantisipasi bahwa industri Sukuk akan berkembang lagi pada tahun 2014, sebagian didorong oleh emiten korporasi dan infrastruktur di Teluk. Bahkan, kami percaya bahwa jumlah penerbitan akan melampaui 100 miliar dolar untuk tahun ketiga berturut-turut jika bagi hasil tetap menarik bagi emiten. Kami juga percaya bahwa penerbitan bisa meningkat lagi di Malaysia pada tahun 2014 sebagai program investasi yang berlanjut, “komentar Damak pada prospek pasar nya untuk tahun mendatang. (Puri Hukmi/mes/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Turki Pemegang Kunci Penyelesaian Krisis Suriah

Figure
Organization