Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Seperti Apakah Tahanan Kudeta di Mesir?

Seperti Apakah Tahanan Kudeta di Mesir?

Para tahanan dalam kondisi istirahat di dalam sel (alsafwanews.com)
Para tahanan dalam kondisi istirahat di dalam sel (alsafwanews.com)

dakwatuna.com –Kairo. Hingga saat ini, sekitar 20 ribu penentang kudeta menjadi tahanan di Mesir. Sebagian sudah menjalani proses pengadilan dan divonis berat, sebagian lagi masih menunggu dalam kondisi sangat mengenaskan.

Tahanan penentang kudeta tidaklah seperti para kriminal. Kebanyakan mereka adalah kaum profesional di bidangnya masing-masing, yang merupakan aset sangat berharga bagi negara.

Koalisi Nasional Pro-Demokrasi Anti-Kudeta mngeluarkan rilis tentang siapa-siapa saja yang saat ini berada di balik terali besi kudeta, seperti dimuat Memo Islam, Rabu (30/4/2014). Dari sekitar 20 ribu tahanan, terdapat 1232 dokter, 2574 insinyur, 124 profesor dan pakar, 5342 ulama Al-Azhar, 3879 mahasiswa, 704 wanita, 689 anak-anak, dan ribuan lainnya adalah kaum profesional di bidang lain.

Mereka ditahan setelah kudeta militer 3 Juli 2013, saat para pendukung pemerintah yang sah melakukan aksi-aksi damai menentang kudeta di seluruh provinsi di Mesir, terutama di Bundaran Rabiah Adawiyah dan Nahdhah. Kebanyakan mereka saat ini menghadapi tuduhan aksi kekerasan atau provokasi melakukan aksi kekerasan. (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Seratusan Pengacara di London Minta Penyelidikan Internasional untuk Kematian Mursi

Figure
Organization