Topic
Home / Berita / Nasional / Tradisikan Maghrib Mengaji Guna Tekan Perilaku Menyimpang pada Remaja

Tradisikan Maghrib Mengaji Guna Tekan Perilaku Menyimpang pada Remaja

Keluarga mengaji (inet) - (Foto: indonesiaoptimis.com)
Keluarga mengaji (inet) – (Foto: indonesiaoptimis.com)

dakwatuna.com – Bengkalis. Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, kini menggencarkan kegiatan Maghrib mengaji, yakni suatu program keluarga mengajak anak mereka setelah shalat Maghrib untuk membaca Al Quran sebagai upaya menekan perilaku menyimpang di kalangan remaja.

“Dengan terus memotivasi anak-anak untuk giat membaca, mempelajari dan mendalami kandungan Al Quran diyakini akan dapat membentuk pribadi yang santun dan berakhlakul karimah,” kata Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, di sela pembukaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Kecamatan Rupat tahun 2014, di Bengkalis, Jumat.

Pada kesempatan itu, Herliyan juga mengajak warganya agar terus mentradisikan Maghrib mengaji dan hindari anak-anak menonton televisi dan kegiatan lainnya pada waktu Maghrib. Sebab, katanya, tradisi Maghrib mengaji banyak memberikan manfaat yakni terjalinnya komunikasi antara anak dengan orang tua, sehingga dapat berbagi ilmu agama serta akhlaq dan budi pekerti.

“Yang paling penting adalah dapat menghindari diri dari kegiatan-kegiatan malam seperti penyimpangan perilaku, penggunaan obat-obat terlarang, kenakalan remaja dan pengaruh lingkungan lainnya,” katanya.

Ia mengatakan, Al Quran merupakan sumber ilmu kehidupan yang tidak habis-habisnya digali sebagai pedoman perlu ditumbuhkembangkan di dalam kehidupan. Sementara itu, pelaksanaan MTQ memiliki nilai tersendiri bagi umat Islam karena umat diajak untuk tekun membaca, mengkaji dan mengamalkan keagungan kitab suci umat Islam itu.

“Melalui pemahaman yang utuh terhadap nilai-nilai universal Al Quran, umat Islam dapat semakin memperkokoh kerja sama serta partisipasi untuk membangun negeri ini. Hikmah penting dari pelaksanaan MTQ dapat meningkatkan semangat tali silaturahim, ukhuwah islamiyah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Oleh karena itu, dengan harapan MTQ yang digelar tiap tahun akan menambah gaya hidup umat Islam untuk lebih dekat dengan Al Quran, sehingga dapat memotivasi umat Islam untuk terus mempelajari dan memahami serta mempedomani nilai-nilai Al Quran. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Aresta VIII (dok. dakwatuna.com)

Ajang Remaja Berprestasi 14: Genggam Dunia dengan Impianmu, Ubah Dunia dengan Potensimu

Figure
Organization