Topic
Home / Berita / Nasional / Hadapi Lonjakan Harga, Mentan Minta Warga Tanam Cabai di Pekarangan

Hadapi Lonjakan Harga, Mentan Minta Warga Tanam Cabai di Pekarangan

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono - (foto: suaramerdeka.com)
Menteri Pertanian (Mentan) Suswono – (foto: suaramerdeka.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Musim penghujan membuat separuh produksi cabai mati akibat tergenang dan hama penyakit. Kondisi ini umumnya terjadi pada bulan Januari hingga Maret.

Selain itu, distribusi cabai juga tersendat akibat buruknya transportasi. Hal ini kerap memicu harga cabai menjadi mahal.

Untuk itu Menteri Pertanian (Mentan) Suswono berharap setiap rumah tangga menanam cabai di pekarangan untuk mengantisipasi lonjakan harga cabai. Cabai terutama jenis rawit merah berkontribusi dalam inflasi dalam tiga tahun terakhir.

Dari sisi produksi, produksi cabai nasional dinyatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produksi cabai nasional mencapai 1,72 juta ton, melampaui target produksi cabai nasional sebesar 1,47 juta ton.

Adapun komposisi produksi terdiri dari 1,03 juta ton cabai keriting dan cabai besar. Lalu 689 ton cabai rawit hijau dan cabe rawit merah.

“Produksi cabai nasional dibanding konsumsi terdapat surplus sebesar 15 persen,” ujar Mentan seperti dikutip dari a Republika, Rabu (23/4).  (sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Pemerintah Harus Lebih Kendalikan Harga

Figure
Organization