Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / (Video) Arab Saudi Akan Bangun Gedung Tertinggi di Dunia, Setinggi 1 KM

(Video) Arab Saudi Akan Bangun Gedung Tertinggi di Dunia, Setinggi 1 KM

[youtube t90zu387Rzs 640]

dakwatuna.com – Saudi Arabia akan memulai konstruksi pekan depan untuk membangun gedung tertinggi di dunia, dengan ketinggian 3.280 kaki atau sekitar 999,75 meter, demikian seperti dilansir Construction Weekly, Rabu (26/3/2014). Dengan kata lain, gedung itu ketinggiannya mendekati 1 kilometer.

Jika selesai dibangun, Kingdom Tower, sebutan nama gedung tersebut, akan 568 meter lebih tinggi dari Khalifa Tower, pemegang rekor di “Guinness World Record”, yang berlokasi di Dubai. Gedung ini merupakan tahap pertama sekaligus titik pusat dari proyek Kingdom City seluas 17 juta kaki persegi milik Jeddah Economic Company (JEC), yang bernilai sekitar 20$ miliar. Pangeran Saudi Arabia Alwalid bin Talal bin Abdulaziz Al Saud, seorang keponakan dari Raja Saudi, Abdullah, adalah pimpinan dari Kingdom Holding Company, mitra di JEC.

“Visi kami untuk Kingdom Tower adalah salah satu yang merepresentasikan semangat baru Arab Saudi”, ujar Adrian Smith dalam rilisnya, salah seorang pendiri dari Adrian Smith + Gordon Gill Architecture, perusahaan yang telah merancang gedung itu. “Menara ini melambangkan kerajaan sebagai bisnis global yang penting dan pemimpin budaya, serta mendemostrasikan kekuatan dan visi kreatif rakyatnya”, tambahnya.

Pekerjaan pondasi untuk bangunan pencakar langit senilai 1,2$ miliar itu akan dimulai pada bulan Desember. Menara 200 lantai itu akan berlokasi di Jeddah, sebuah kota dekat laut merah yang dikenal sebagai pintu gerbang ke Mekah.

Kingdom Tower akan diisi dengan hotel Four Seasons, kondominium mewah, ruang perkantoran, dan sebuah observatorium. (Melissa Goldin/Mashable/dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Laporan PBB: Putra Mahkota Saudi Bertanggung Jawab Atas Kematian Jurnalis Jamal Khashoggi

Figure
Organization