Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Danau Terindah Di Asia Tengah Ini Terbentuk 25 Juta Tahun Lalu

Danau Terindah Di Asia Tengah Ini Terbentuk 25 Juta Tahun Lalu

Danau Karakul atau Black Lake terletak di dataran tinggi dan kering pada Pegunungan Pamir di Tajikistan - (Foto: travelonfoto.com)
Danau Karakul atau Black Lake terletak di dataran tinggi dan kering pada Pegunungan Pamir di Tajikistan – (Foto: travelonfoto.com)

dakwatuna.com – Danau Karakul atau Black Lake terletak di dataran tinggi dan kering pada Pegunungan Pamir di Tajikistan. Berada di dalam kawasan Taman Nasional Tajik, tempat ini menjadi salah satu lokasi terindah dan terpencil di Asia Tengah.

Tempat ini merupakan lahan danau air payau yang memiliki cekungan mendalam dan tertutup di atas ketinggian 3.900 meter dari atas permukaan laut. Dikelilingi oleh pegunungan tinggi yang menghalangi masuknya udara lembab, lembah di kawasan ini menerima kurang dari 30 mm dari curah hujan per tahunnya dan menjadikannya tempat terkering Asia Tengah.

Pada Oktober hingga Mei, danau ini sepenuhnya membeku dan membentuk sebuah hamparan putih bila dilihat dari Desa Karakul yang menjadi tempat bermukimnya komunitas orang Kyrgyz. Mereka bertahan hidup melalui peternakan domba dan kambing serta tinggal secara nomaden. Danau ini diyakini telah terbentuk ketika meteor menghantam bumi sekira 25 juta tahun lalu.

Akibat peristiwa tersebut, akhirnya air dari pegunungan di sekitarnya mengisi cekungan dan terbentuklah Danau Karakul dengan diameter 25 km tersebut. Sebelumnya, danau ini dikenal sebagai Danau Victoria sampai awal abad ke-20 nama itu berubah dengan munculnya sistem Soviet pada tahun 1920-an.

Danau ini populer di kalangan wisatawan karena pemandangan nyata dan kejelasan refleksi dalam air. Warnanya berkisar dari hijau tua ke biru dan cahaya biru selama musim panas. (okezone/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Tajikistan Segera Dapatkan Regulasi Perbankan Syariah

Figure
Organization