Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Kesehatan / Usia Berapakah Gigi Susu Berubah Menjadi Gigi Tetap ?

Usia Berapakah Gigi Susu Berubah Menjadi Gigi Tetap ?

Gigi susu anak (ilustrasi) - (Foto: republika.com)
Gigi susu anak (ilustrasi) – (Foto: republika.com)

dakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Dokter Ibnu yang saya hormati, terima kasih atas informasi tanya jawabnya di dakwatuna. Sungguh sangat bermanfaat. Kini giliran saya yang bertanya mengenai gigi anak saya. Pada usia berapakah gigi susu berubah menjadi gigi tetap ?

Dengan informasi ini saya berharap bisa dapat lebih baik lagi melakukan perawatan terhadap gigi anak saya. Hingga terhindar dari penyakit – penyakit yang tidak diinginkan.

Terima kasih atas jawabannya.

Wassalaamu’ala’alaikum wrwb

Eny – Jawa Barat

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Ibu Eny yang saya hormati. Saya ucapkan terima kasih pula atas akses nya ke dakwatuna. Mohon doa agar kami dapat tetap istiqamah berdakwah melalui jalur profesi ini.

Ibu Eny dan rekan – rekan netters sekalian, usia 5 sampai dengan 6 tahun gigi anak mulai membentuk gigi tetap. Gigi susu yang ada pada si anak mulai tanggal lalu berganti dengan gigi tetap.

Untuk itu pada saat sudah berganti gigi tetap harus benar – benar di rawat. Karena gigi tulah yang akan dibawa seumur hidup alias tidak akan ada gigi penggantinya lagi jika gigi tetap patah.

Perhatikan juga pola makan anak kita. Jangan biasakan ia makan terlalu lama. Karena makanan yang lama tidak dikunyah di dalam mulut akan meninggalkan sisa di gigi. Jika kebiasaan ini tetap terbawa hingga gigi tetap sudah tumbuh, gigi akan rawan terserang penyakit.

Demikian penjelasan saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassalaamu’alaikum wrwb

drg. Ibnu Adrian, MARS.

Kirimkan email pertanyaan ke: [email protected]

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Dokter gigi, lulusan Universitas Trisakti-Jakarta. Membuka Praktek dokter di Jakarta. Klinik drg. Ibnu dan drg. Hanna berada di Jl. Duren Tiga Selatan, no. 8E. Jakarta Selatan. Telp: 021-362 005 99 HP: 0818 0657 3603

Lihat Juga

Human Initiative Distribusikan Bantuan Ke Lampung Selatan

Figure
Organization