Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Akhirnya, Dalang Utama Kudeta di Mesir Resmi Calonkan Diri Menjadi Presiden

Akhirnya, Dalang Utama Kudeta di Mesir Resmi Calonkan Diri Menjadi Presiden

Tokoh sentral kudeta militer di Mesir, Abdul Fatah Al-Sisi (islammemo)
Tokoh sentral kudeta militer di Mesir, Abdul Fatah Al-Sisi (islammemo)

dakwatuna.com – Mesir. Tokoh sentral dalam drama penggulingan Presiden Mursi oleh militer, Abdul Fatah Al-Sisi, resmi mencalonkan diri dalam Pilpres Kudeta Mesir yang akan diselenggarakan pada akhir Mei ini.

Sejumlah TV lokal Mesir memberitakan (14/4) bahwa konsultan hukum Al-Sisi, Muhammad Baha’ Abu Syaqqah telah mendaftarkan Al-Sisi kepada Komite Pemilu Presiden (Kudeta) Mesir pada Senin kemarin, 14 April 2014.

Al-Sisi mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pertahanan dan lembaga militer Mesir pada akhir Maret lalu setelah sebelumnya sempat mempurnawirawankan dirinya dengan pangkat Al-Musyir (kepangkatan tertinggi dalam militer Mesir).

Dalam kaitan ini, UU Pilpres di Mesir melarang anggota militer yang masih aktif untuk ikut terlibat dalam pemilihan umum.

Sebenarnya, pencalonan diri Al-Sisi mendapatkan penolakan luas dari rakyat Mesir, khususnya yang mendukung kepemimpinan Presiden Mursi dan menolak aksi penggulingan yang didalangi oleh Al-Sissi dan militer.

Sebelumnya dalam rangka agar kudeta militer didukung banyak pihak di Mesir, Al-Sisi berjanji pada rakyat Mesir untuk tidak akan mencalonkan diri dalam ajang Pilpres yang telah dirancang sebagai bagian road map pasca-penggulingan Dr. Mursi. Belum genap 1 tahun, Al-Sisi telah melanggar janji yang telah diikrarkannya tersebut.

Meskipun demikian, banyak pihak mengaku tidak heran, karena hal yang lebih buruk pernah dilakukan Al-Sissi sebelumnya, yaitu mengkhianati sumpah setia kepada Presiden Mursi yang telah menaikkan pangkat militernya dan menjadikan dirinya menteri pertahanan dalam jajaran pemerintahannya. (islammemo/rem/dakwatuna).

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Jerman Tak Percaya Pilpres Mesir, Sebabnya?

Organization