Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Menangkan Pemilu Turki, AKP Gelar Demo Akbar untuk Rakyat Mesir

Menangkan Pemilu Turki, AKP Gelar Demo Akbar untuk Rakyat Mesir

Aksi solidaritas rakyat Turki untuk rakyat Mesir (islammemo)
Aksi solidaritas rakyat Turki untuk rakyat Mesir (islammemo)

dakwatuna.com – Turki. Setelah memenangkan pemilu lokal Turki pada akhir Maret lalu, parpol Islam Turki, AKP (Adalet ve Kalkınma Partisi/Justice and Development Party) menggelar (9/4) aksi demonstrasi akbar menentang putusan hukuman mati terhadap 529 anti kudeta dan pendukung demokrasi di Mesir.

Aksi demonstrasi yang dilaksanakan di Konak Square, kota Izmir, tersebut diikuti oleh ribuan rakyat Turki yang memenuhi undangan AKP untuk berpartisipasi menentang kezaliman rezim militer di Mesir.

Ketua Pemuda AKP Cab. Izmir, Bilal Kirk Binar, dalam rilis medianya menyatakan bahwa meskipun penduduk dunia berubah menjadi ‘syetan yang bisu,’ rakyat Turki tidak akan pernah diam hingga dunia tahu praktik kezaliman yang berjalan bertahun-tahun di Mesir oleh militernya.

Selain di Izmir, aksi demonstrasi juga digelar di daerah Aidan yang juga diikuti oleh antusias oleh penduduk setempat.

Ketua Pemuda AKP Cab. Aidan, Sami Unr, menegaskan bahwa kesewenang-wenangan berlangsung kembali di Mesir setelah rezim militer mengambilalih kekuasaan secara ilegal. Sami menegaskan bahwa sulit untuk mempercayai independensi pengadilan Mesir di tengah situasi buruk saat ini.

Selain di Izmir dan Aidan, aksi demonstrasi serupa juga digelar AKP di daerah Kutahya, Denizli, dan Usak, yang juga diikuti oleh sejumlah aktivis LSM pembela keadilan dan HAM, selain penduduk setempat.

Aksi demonstrasi akbar rakyat Turki menentang hukuman mati 529 warga Mesir ini tercatat sebagai aksi solidaritas negara asing kedua untuk rakyat Mesir, setelah rakyat Malaysia di Kuala Lumpur mempelopori aksi tersebut pada tanggal 28 Maret lalu. (islammemo/rem/dakwatuna)

version4_turkia1turkia3turkia5turkia4

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Demonstran Minta Trump Merdekakan Hong Kong dari Cina

Figure
Organization