Topic
Home / Berita / Nasional / Din Syamsuddin: Dalam Islam, Memilih Itu Kewajiban

Din Syamsuddin: Dalam Islam, Memilih Itu Kewajiban

Ketua Muhammadiyah, Din Syamsuddin - Foto: rimanews.com
Ketua Muhammadiyah, Din Syamsuddin – Foto: rimanews.com

dakwatuna.com – Jakarta.  Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin meminta masyarakat khususnya Umat Islam untuk tidak golput dalam Pemilu Legislatif 9 April mendatang. Dia mengimbau agar masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya.

“Dalam Islam, memilih itu kewajiban. Itu sudah sering disampaikan oleh banyak ulama-ulama,” kata Din, dalam sambutannya di pengajian bulanan Muhammadiyah, di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (4/4/2014) malam.

Hadir dalam acara bertema ‘Pemilihan Umum yang Damai, Aman, dan Bermutu’ itu, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dan Wakil Kepala Polri Komjen Pol Badrodin Haiti.

Menurut Din, aturan dalam Islam berbeda dengan peraturan yang diatur dalam undang-undang. Di undang-undang, memilih dalam pemilu adalah sebuah hak konstitusional.

“Dengan hak konstitusional itu, masyarakat bebas apakah mau menggunakan haknya atau tidak. Tapi dalam Islam, memilih adalah suatu kewajiban,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan hak pilih, maka akan tercipta sebuah pemilu yang bermutu dan berkualitas. “Karena kalau tidak bermutu dan berkualitas akan menghasilkan parlemen yang tidak bermutu dan presiden yang tidak bermutu pula,” tambahnya.

Dengan kondisi saat ini, Din menyadari, masyarakat pesimistis dengan hasil pemilu karena tak yakin membawa banyak perubahan bagi bangsa dan negara.

“Terutama melihat caleg yang tampil, sekitar 80 persen adalah anggota parlemen sebelumnya. Dan parlemen terakhir ini belum mendorong perubahan dan perbaikan bangsa. Wajar kalau ada yang pesimis dan apatis. Tapi agama kita mengajarkan untuk selalu optimis,” papar Din. (kompas/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Pernyataan Sikap PP Muhamamdiyah Jelang Hari Pencoblosan

Figure
Organization